Adab Membaca Al Quran Dan Dalilnya – PenerbitJabal.com

By penerbitalquran

Penerbit alquran – Adab membaca Al Quran dan Dalilnya; Sebagai salah satu mukjizat, Al Quran memiliki kedudukan yang sangat suci dan tinggi. Sehingga, dalam menggunakannya pun kita harus sangat berahti-hati.

Ketahuilah Adab Membaca Al Quran

Berikut ini adalah beberapa adab membaca Al Quran yang wajib kita ketahui:

1. Berwudhu terlebih dahulu

Sebagaimana yang telah disebutkan sebelumnya bahwa Al Quran adalah kitab suci, sehingga untuk menjaga kesuciannya pun setidaknya kita harus menyentuhnya dalam keadaan yang suci pula. Bersuci dalam Islam adalah dengan berwudhu. Sebaiknya ambil wudhu terlebih dahulu sebelum menyentuh dan membaca Al Quran.

2. Membaca perlahan

Membaca Al Quran bukan sekedar membacanya saja. Jika hanya harus membaca, maka semua orang mungkin dapat menyelesaikan satu Al Quran hanya dalam hitungan jam saja. Dalam membaca Al Quran, kita dituntut untuk ikut memahami isi yang terkandung di dalamnya. Maka dari itu, bacalah Al Quran secara perlahan agar setiap makna yang terkandung di dalamnya dapat dipahami. || Adab Membaca Al Quran

Rasulullah bersabda; “Siapa saja yang membaca Al-Qur’an (khatam) kurang dari tiga hari, berarti dia tidak memahami.” (HR. Ahmad dan para penyusun kitab-kitab Sunan)

3. Membaca dengan khusyu

Tidak mungkin kita bisa mengamalkan isi Al Quran jika kita tidak membacanya dengan khusyu. Carilah tempat yang tenang dan jauh dari berbagai gangguan untuk bisa membaca dengan khusyu. Bacaan yang khusyu akan lebih meresap ke dalam jiwa, sehingga lebih mudah untuk mengamalkannya. || Adab Membaca Al Quran

كِتَابٌ أَنْزَلْنَاهُ إِلَيْكَ مُبَارَكٌ لِيَدَّبَّرُوا آَيَاتِهِ وَلِيَتَذَكَّرَ أُولُو الْأَلْبَابِ

Ini adalah sebuah kitab yang Kami turunkan kepadamu penuh dengan berkah supaya mereka memperhatikan ayat-ayatnya dan supaya mendapat pelajaran orang-orang yang mempunyai pikiran.” (QS. Shaad: 29)

4. Dimulai dengan ta’awudz

Ketika kita membaca Al Quran, kita juga akan mendapatkan godaan dari setan. Misalnya itu godaan rasa kantuk yang sangat, rasa malas, atau mungkin berbagai pikiran lain yang sangat duniawi. Untuk bisa menghindari dari godaan setan, maka sebaiknya bacalah ta’awudz terlebih dahulu sebelum melantunkan ayat suci Al Quran. Sebagaimana firman Allah SWT,

فَإِذَا قَرَأْتَ الْقُرْآَنَ فَاسْتَعِذْ بِاللَّهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيمِ

Apabila kamu membaca Al Quran hendaklah kamu meminta perlindungan kepada Allah dari syaitan yang terkutuk.(QS. An-Nahl: 98)

5. Membaca dengan indah

Membaca Al Quran alangkah lebih baik jika dibaca dengan nada yang indah dan enak didengar. Lantunan ayat suci Al Quran, tentu akan terasa lebih sejuk jika diucapkan dengan nada yang indah. || Adab Membaca Al Quran

“Hiasilah Al-Qur’an dengan suaramu.” (HR. Ahmad, Ibnu Majah dan Al-Hakim)

Di dalam hadits lain dijelaskan; “Tidak termasuk umatku orang yang tidak melagukan Al-Qur’an.” (HR. Bukhari dan Muslim)

6. Menghadap kiblat

Sebagaimana ibadah lainnya seperti sholat dan berwudhu, maka hendaknya ketika membaca Al Quran pun kita menghadap ke arah kiblat. Rasulullah Saw bersabda sebagaimana diriwayatkan oleh sahabat Ibnu ‘Abbas.

خير المجالس ما استقبل به القبلة

Sebaik-baik majelis adalah yang menghadap kiblat. || Adab Membaca Al Quran

7. Berhenti ketika sudah mengantuk

Jangan memaksakan diri untuk membaca Al Quran hingga panjang. Jika sudah mengantuk, maka sebaiknya berhenti membaca dan istirahatlah. Jika terus dilanjutkan, maka ditakutkan bacaan Al Quran justru banyak yang salah. Jika sudah begini, tentu akan berdosa bagi kita. Maka dari itu, tidurlah ketika sudah terlalu lelah dan mengantuk karena sesungguhnya Allah Maha Mengetahui.

Rasulullah Muhammad saw telah bersabda, “Apabila salah seorang dari kalian sedang melakukan  shalat di malam hari, lalu bacaan al Qurannya menjadi tidak jelas di lidahnya, lalu dia tidak mengetahui lagi apa yang sedang dibacanya, maka hendaklah dia berbaring  untuk istirahat.” (HR. Muslim)

Itulah 7 adab membaca Al Quran yang perlu dilakukan. Al Quran terlalu suci untuk dibaca dengan asal-asalan, maka sebaiknya bacalah sesuai dengan adab yang telah disebutkan di atas.

Tertarik untuk memesanan alquran atau buku-buku islam di Penerbit Jabal? Silahkan buka website kami www.penerbitjabal.com. Selanjutnya, sampaikan kebutuhan pesanan Anda kepada admin kami.

penerbit alquran

Kontak Penerbit Jabal

HP/WA: 0853 1512 9995/ 0878 2408 6365
Telp/Fax: 022-7809282
Email: penerbit_jabal@yahoo.com

Jl. Desa Cipadung No 47 Cibiru Bandung Jawa Barat, Indonesia

Baca Artikel Lainnya :

chat admin
Chat Admin
Ada yang bisa kami bantu?