Waktu Terbaik Untuk Mempelajari Al Quran – PenerbitJabal.com

By penerbitalquran

Penerbit Alquran – Waktu Terbaik Untuk Mempelajari Al Quran; Seluruh umat islam, diwajibkan untuk mempelajari kitab suci Al Quran serta memahami maknanya. Kemudian, melaksanakan yang diperintahkan dan mengambil hikmah dari segala sesuatu yang dijelaskan ihwal kebaikan dan keburukan dalan kehidupan dunia akhirat.

Inilah Waktu Terbaik Untuk Mempelajari Al Quran

Simak dan pahami ulasan mengenai kapan waktu terbaik untuk mempelajari Al Quran, tentunya agar dapat memberi manfaat dan kebaikan sepenuhnya untuk dunia akhirat.

1. Waktu Terbaik Untuk Mempelajari Al Quran Sejak Dalam Kandungan

  • Janin dapat mendengar dan merasakan kehidupan di luar

Menurut penelitian, saat dalam kandungan otak dan indra pendengaran anak sudah mulai berkembang. Mereka dapat merasakan apa yang terjadi. Sementara yang mempengaruhi otak dan indera pendengaran bayi di dalam kandungan antara lain, emosi dan kejiwaan ibu serta rangsangan suara yang terjadi di sekitar ibu. || Waktu Terbaik Untuk Mempelajari Al Quran

  • Bayi mampu merasakan lantunan ayat Al Qur’an

Ketika ibu membaca ayat ayat Al Quran seraya mengelus dinding perutnya, maka sesungguhnya sang bayi dalam kandungan juga mendengar lantunan ayat Al Quran tersebut.

Pada saat kandungan telah berusia lima bulan atau setara dengan 20 minggu, kemampuan seorang anak dalam kandungan untuk merasakan stimulus telah berkembang dengan cukup baik. Sehingga proses pendidikan dan belajar dapat dimulai atau dilakukan. 

  • Al Quran merupakan rangsangan terbaik untuk janin

Dalam ilmu psikologi menyatakan, bahwa seorang anak yang berada dalam kandungan dapat merasakan rangsangan dari luar. Caranya ia merasakan rangsangan tersebut melalui suara-suara yang ada di sekitar lingkungannya. Jika kebiasaan ini terus di lakukan, maka seorang anak akan semakin terbiasa dengan Al Quran. Jika ia sudah terbiasa dengan Al Quran, untuk belajar memahami dan membacanya pun juga lebih mudah. || Waktu Terbaik Untuk Mempelajari Al Quran

2. Waktu Terbaik Untuk Mempelajari Al Quran Sejak Usia Dini

  • Belajar di usia dini lebih mudah dan cepat

Melakukan pembelajaran Al Quran tentu tidak dapat dilakukan dalam satu malam. Namun, harus dipelajari sejak dari kecil secara perlahan. Seperti pepatah, “Belajar di waktu kecil seperti mengukir di atas batu, sedangkan belajar di waktu  besar seperti mengukir di atas pasir.”

Makna pepatah tersebut adalah belajar sejak kecil jauh lebih mudah dan membekas. Sebab, saat masih kecil anak mudah mengingat apa yang sudah dipelajari. Hal tersebut didukung dengan kondisi pertumbuhan dan perkembangan otak anak. Sedangkan usia tua, orang cenderung lebih mudah lupa. Selain itu juga, apa yang menjadi perhatiannya sudah banyak. || Waktu Terbaik Untuk Mempelajari Al Quran

  • Menjadi anak yang shalih shalihah

Setiap orang tua tentu menginginkan buah hatinya menjadi anak yang shalih dan shalihah. Salah satu yang wajib diajarkan kepada anak adalah Al Quran, sebab Al Quran merupakan pedoman hidup manusia. Rasulullah bersabda:

Didiklah anak anakmu dengan tiga perkara : mencintai Nabimu, mencintai ahlul baitnya dan membaca Al Qur’an. Karena orang orang yang memelihara Al Qur’an itu berada dalam lingkungan singasana Allah. Pada hari ketika tidak ada perlindungan Nya, mereka beserta para nabi Nya dan orang orang suci.” (HR. Ath Thabrani)

  • Belajar Al Quran sejak usia dini membantu perkembangan otak

Mengajarkan Al Quran sejak kecil pada anak dapat membantu perkembangan dalam berpikirnya dalam mempelajari Al Quran. Mengenalakan Al Quran dapat dilakukuan dengan mengenalkan terlebih dahulu huruf huruf hijaiyyah. Apabila hal tersebut dilakukan terus-menerus, tentu akan membuat anak ingin mengetahuinya lebih jelas. Sehingga, dapat membantu memperlancar dalam mengenal Al Quran.

3. Terus Mempelajari Hingga Dewasa dan Tua

  • Jangan lupakan Al Quran karena kesibukan duniawi

Jangan karena kesibukan dan banyaknya kegiatan menjadikan kita lupa untuk membaca dan mentadaburi Al Quran. Sesungguhnya ketenangan dan ketentraman dapat diperoleh dari Al Quran. Hal tersebut berdasarkan firman Allah SWT; “Ingatlah hanya dengan mengingat Allah lah hati menjadi tentram.” (QS. Ar Ra’d: 28)

  • Terus membaca Al Quran akan selalu dekat dengan Allah

“Barang siapa yang merenungi firmanNya maka ia akan mengenal RabbNya, akan mengetahui keutamaannya dibandingkan orang-orang mukmin yang lain. Ia akan menyadari kewajibannya dalam beribadah hingga senantiasa berusaha untuk menjaga kewajiban tersebut. Selain itu, ia akan berhati-hati terhadap apa yang dilarang RabbNya. || Waktu Terbaik Untuk Mempelajari Al Quran

Barang siapa yang memiliki sifat demikian, maka Al Quran akan menjadi penawar hatinya, akan merasa cukup tanpa harta, mulia tanpa kesulitan, lembut dalam menyikapi orang yang kasar padanya.

Tertarik untuk memesanan alquran atau buku-buku islam di Penerbit Jabal? Silahkan buka website kami www.penerbitjabal.com. Selanjutnya, sampaikan kebutuhan pesanan Anda kepada admin kami.

penerbit alquran

Kontak Penerbit Jabal

HP/WA: 0853 1512 9995/ 0878 2408 6365
Telp/Fax: 022-7809282
Email: penerbit_jabal@yahoo.com

Jl. Desa Cipadung No 47 Cibiru Bandung Jawa Barat, Indonesia

Baca Artikel Lainnya :

chat admin
Chat Admin
Ada yang bisa kami bantu?