Sejarah Masuknya Islam Ke Indonesia – Penerbitjabal.com

By penerbitalquran

Sejarah masuknya Islam ke indonesia melalui klasifikasi atau pembabakan-pembabakan yang sangat menarik. Kedatangan islam dimulai ketika negeri ini menjadi kunci perdagangan di benua asia hingga ke seluruh dunia, khususnya di sumatera yaitu kerajaan sriwijaya.

Daerah tersebut adalah tempat berlabuh para pedagang yang berlayar dari berbagai wilayah, termasuk timur tengah. Saat berada di daerah tersebut, para pedagang menjalin hubungan baik dengan penduduk asli yang saat itu memiliki kepercayaan hindu.

Pedagang-pedagang tersebut berbagi ilmu kepada penduduk asli tentang agama islam. kemudian, penduduk asli pun mulai tertarik dengan islam, sehingga sebagaian besar penduduk lokal mengubah keyakinan dan memeluk agama islam.

Sejarah Masuknya Islam Ke Indonesia || Penerbit Alquran

Berdasarkan bukti dan temuan sejarah, Islam masuk ke Indonesia dengan beberapa penjelasan waktu yang berbeda yaitu;

1. Masuknya Islam sejak abad ke-7 Masehi

Pendapat ini berdasarkan pada berita yang diperoleh dari para pedagang arab. Lalu dari berita tersebut, diketahui bahwa para pedagang arab telah menjalin hubungan dagang dengan Indonesia sejak abad ke-7. Dalam pendapat itu disebutkan, bahwa wilayah Indonesia yang pertama kali menerima pengaruh Islam adalah daerah pantai sumatera utara dan wilayah samudera pasai (pintu gerbang menuju ke Indonesia). Pada abad ke-7 itu juga diyakini bahwa Islam sudah masuk dan menyebar hingga ke pantai utara pulau jawa.

2. Masuknya Islam sejak abad ke-11 Masehi

Ahli sejarah lain mengatakan, bahwa sejarah islam masuk ke Indonesia dimulai sejak abad ke-11 Masehi. Pendapat tersebut berdasarkan karena terdapat bukti sebuah batu nisan “Fatimah binti Maimu” yang berada di gresik tahun 1082 Masehi.

3. Masuknya Islam ke Indonesia abad ke-13 Masehi

Kemudian, beberapa ahli lebih meyakini bahwa masuknya Islam ke Indonesia mulai pada abad ke-13 Masehi. Pendapat tersebut berdasarkan beberapa bukti lebih kuat, diantaranya dikaitkan dengan masa runtuhnya dinasti Abbasiah di Baghdad (1258), berita di Marcopolo (1292), batu nisan kubur sultan Malik As Saleh di samudra pasai (1297) dan berita Ibnu Battuta (1345).

[ Baca Juga : Penerbit Alquran ]

Sedangkan menurut teori pembawaannya, sejarah masuknya Islam ke Indonesia dibagi dalam;

1. Teori Gujarat

Menurut teori gujarat, agama islam masuk ke indonesia sejak abad ke-13. Islam dikatakan datang dari para pedagang daerah gujarat india. Pada saat itu kerajaan sriwijaya menjadi jantung perdagangan dunia melewati jalur nusantara – gujarat – timur tengah – eropa. Selain itu, adanya batu sultan samudera pasai, yaitu nisan Malik As Saleh menjadi ciri orang dari wilayah gujarat.

2. Teori Mekkah

Pendapat ini merupakan sanggahan dari teori gujarat, disebutkan bahwa islam masuk ke Indonesia pada abad ke-7 (6 abad lebih awal, dibandingkan teori gujarat). Peristiwa tersebut di buktikan dengan adanya perkampungan yang telah didiami oleh orang islam di daerah pesisir barat Sumatera ketika abad itu.

3. Teori Persia

Teori persia memiliki tanggapan yang sama bahwa islam masum ke Indonesia pada abad ke-13. Namun, perbedaannya teori persia beranggapan bahwa islam datang dari Persia. Dengan masuknya islam ke nusantara membuat kerajaan-kerajaan islam berkembang sangat pesat. Terlebih, kerajaan Islam di Indonesia pun memiliki wilayah kekuasaan sangat luas hingga ke negara tetangga.

Demikian ulasan sejarah masuknya islam ke indonesia. Semoga bermanfaat, terima kasih.

Penerbit Jabal – Spesialis Menerbitkan Al Quran dan Buku Islam

Penerbit jabal berpengalaman sejak tahun 2004 serta telah mengirim jutaan produk jabal ke kota-kota besar di Indonesia. Terlebih, penerbit jabal didukung tenaga ahli profesional di bidangnya. Sehingga, tidak perlu khawatir dengan hasil produk Al Quran dan buku-buku bacaan islami yang diterbitkan. Tentu saja, pasti terjamin kualitasnya, jika memesan di penerbit jabal. // Sejarah Masuknya Islam Ke Indonesia

Tertarik untuk memesanan alquran atau buku-buku islam di Penerbit Jabal? Silahkan buka website kami www.penerbitjabal.com. Jika sudah, Anda akan segera terhubung dengan admin yang sedang bertugas. Selanjutnya, sampaikan kebutuhan pesanan Anda. // Sejarah Masuknya Islam Ke Indonesia

Kontak Penerbit Jabal

HP/WA: 085315129995/ 087777500661
Telp/Fax: 022-7809282
Email: penerbit_jabal@yahoo.com

Jl. Desa Cipadung No 47 Cibiru Bandung Jawa Barat, Indonesia

Baca Artikel Lainnya :

chat admin
Chat Admin
Ada yang bisa kami bantu?