3 Alasan Rasulullah Hijrah Ke Madinah – PenerbitJabal.com

By penerbitalquran

Penerbit alquran – 3 Alasan Rasulullah Hijrah Ke Madinah; Setelah Rasulullah berdakwah secara terang-terangan, ancaman dan siksaan dari orang-orang kafir semakin meningkat. Bahkan mereka mencoba untuk membunuh Rasulullah SAW, agar berhenti dalam menyebarkan agama Islam.

Pada saat itu, Rasulullah sangat sedih ketika melihat kehidupan umat Islam dipenuhi ancaman serta teror dari orang-orang kafir Quraisy. Kemudian, Allah SWT memerintahkan Rasulullah untuk melakukan hijrah ke Madinah beserta para umatnya. || 3 Alasan Rasulullah Hijrah Ke Madinah

Perlu diketahui, Rasulullah berhijrah tidak sekedar hanya berpindah saja. Namun memiliki sisi spiritual, dimana seseorang berniat menjadi pribadi yang lebih baik lagi, dengan mengubah perilaku dan mental, dengan semangat Islam.

Allah SWT berfirman;

اِنَّ الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا وَالَّذِيْنَ هَاجَرُوْا وَجَاهَدُوْا فِيْ سَبِيْلِ اللّٰهِ ۙ اُولٰۤىِٕكَ يَرْجُوْنَ رَحْمَتَ اللّٰهِ ۗوَاللّٰهُ غَفُوْرٌ رَّحِيْمٌ

“Sesungguhnya orang-orang yang beriman, orang-orang yang berhijrah dan berjihad di jalan Allah, maka mereka mengharapkan rahmat dari Allah SWT, dan Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.” (Al-Baqarah: 218)

[ Rekomendasi : Penerbit Alquran ]

Inilah 3 Alasan Rasulullah Hijrah Ke Madinah

Rasulullah SAW melakukan hijrah bukan tanpa alasan, melainkan ada beberapa faktor, diantaranya:

1. Siksaan oleh Kafir Quraisy

Berbagai ancaman, gangguan serta siksaan dari orang-orang kafir Quraisy terhadap Rasulullah dan para umat Islam di Mekkah semakin meningkat. Allah SWT sangat menyayangi Rasulullah SAW. Sehingga, Allah memerintahkan Rasul dan para umatnya untuk berhijrah ke Madinah.

Selain itu, kaum kafir Quraisy juga melakukan pemboikotan yang sangat menyengsarakan Rasulullah SAW dan para umat Islam. Bahkan pemboikotan itu dilakukan oleh kaum Kafir Quraisy selama 3 tahun. Namun, mereka tetap tegar dalam menghadapi kaum kafir Quraisy. || 3 Alasan Rasulullah Hijrah Ke Madinah

2. Karena Didukung oleh Suku Aus dan Suku Khazraj

Faktor lainnya, selain karena siksaan dan pemboikotan oleh kaum kafir Quraisy, yaitu karena Rasulullah dan umat muslim didukung oleh suku aus dan suku khazraj.

Sebelum mereka mendukung Rasulullah SAW untuk berhijrah, pada abad ke 12 mereka melakukan sebuah perjanjian dengan Rasulullah. Dan perjanjian tersebut disebut dengan Perjanjian Aqabah I. Perjanjian tersebut berisi tentang perjanjian mereka untuk tidak menyekutukan Allah, mencuri, berzina dan sebagainya. || 3 Alasan Rasulullah Hijrah Ke Madinah

Dilanjutkan pada abad ke-13, suku aus dan suku khazraj melakukan perjanjian lagi yaitu Perjanjian Aqaban II. Perjanjian ini berisi kesanggupan mereka kepada Rasulullah SAW. Sehingga, dengan adanya dua perjanjian tersebut, membuat Rasulullah SAW dan para umat muslim lebih berani untuk berhijrah ke Madinah.

3. Menyebarkan Agama Islam pada Masyarakat Madinah

Adanya Rasulullah SAW di Madinah membawa dampak yang baik bagi hubungan antara suku Aus dan Khazraj. Mereka banyak yang memeluk Islam, sehingga suku aus dan suku khazraj sudah terikat dalam hati mereka tali keimanan.

Walaupun tidak dapat menghilangkan sisi fanatis kesukuan mereka, tetapi telah tertanam dalam jiwa mereka bahwa semua manusia dalam pandangan Islam adalah sama, yang membedakan manusia dengan lainnya adalah ketaqwaannya kepada Allah SWT. || 3 Alasan Rasulullah Hijrah Ke Madinah

Dari Islam, Rasulullah SAW telah membawa pencerahan kepada masyarakat Madinah, bahwa agama Islam adalah agama yang nondiskriminatif dan sangat cinta perdamaian. Rasulullah berdakwah dengan cara damai, tanpa paksaan maupun kekerasan. Beliau lebih memperlihatkan kemuliaan akhlaknya. Beliau berdakwah melalui perbuatannya sehari-hari. Hal itu menjadi faktor yang mendorong atas keberhasilan dakwah Rasulullah.

Tertarik untuk memesanan alquran atau buku-buku islam di Penerbit Jabal? Silahkan buka website kami www.penerbitjabal.com. Selanjutnya, sampaikan kebutuhan pesanan Anda kepada admin kami.

penerbit alquran

Kontak Penerbit Jabal

HP/WA: 0853 1512 9995/ 0878 2408 6365
Telp/Fax: 022-7809282
Email: penerbit_jabal@yahoo.com

Jl. Desa Cipadung No 47 Cibiru Bandung Jawa Barat, Indonesia

Baca Artikel Lainnya :

chat admin
Chat Admin
Ada yang bisa kami bantu?