Kandungan Quran Surat Ar-Rahman Ayat 33 | Penerbitjabal.com

By penerbitalquran

Isi kandungan quran surat ar-rahman ayat 33 – Surah Ar Rahman ayat 33 adalah ayat yang mengingatkan bahwa manusia tak bisa lari dari kekuasaan Allah dan pertanggungjawaban kepada-Nya. Ayat ini juga memotivasi untuk menuntut ilmu dan mengembangkan teknologi. Ada tiga pendapat mengenai ayat ini. 

Pertama, berkaitan dengan ketidakmampuan manusia lari dari takdir Allah dan lari dari kekuasaan-Nya. Sebagaimana dijelaskan Ibnu Katsir dalam tafsirnya.

Kedua, berkaitan dengan keadaan pada hari kiamat nanti, terutama di yaumul mahsyar. Manusia tidak akan mampu meloloskan diri di saat itu. Ibnu Katsir juga menjelaskan hal ini. Demikian pula Syaikh Wahbah Az Zuhaili dalam Tafsir Al Munir.

Ketiga, berkaitan dengan kemampuan manusia menjelajah ruang angkasa. Bahwa Allah Subhanahu wa Ta’ala mempersilakan jika manusia hendak melintasi langit dan bumi. | Isi kandungan quran surat ar-rahman ayat 33

Lafadz Al-Qur’an Surat Ar Rahman Ayat 33 dan Terjemahannya

يَٰمَعْشَرَ ٱلْجِنِّ وَٱلْإِنسِ إِنِ ٱسْتَطَعْتُمْ أَن تَنفُذُوا۟ مِنْ أَقْطَارِ ٱلسَّمَٰوَٰتِ وَٱلْأَرْضِ فَٱنفُذُوا۟ ۚ لَا تَنفُذُونَ إِلَّا بِسُلْطَٰنٍ

yaa ma’syara ljinni wal-insi ini istatha’tum an tanfudzuu min aqthaari ssamaawaati wal-ardhi fanfudzuu laa tanfudzuuna illaa bisulthaan

Artinya : “Hai jama’ah jin dan manusia, kalau kau sanggup menembus (melintasi) penjuru langit dan bumi, maka lintasilah, kau tidak sanggup menembusnya kecuali dengan kekuatan.” (QS. Ar-Rahman : 33)

Isi Kandungan Quran Surat Ar Rahman Ayat 33

Isi kandungan quran surat ar-rahman ayat 33 sangat cocok untuk kalian pelajari. Alasannya, karena ayat ini menjelaskan pentingnya ilmu pengetahuan bagi kehidupan umat manusia. Manusia diberi potensi oleh Allah SWT berupa akal. Akal ini harus terus diasah, diberdayakan dengan cara mencari ilmu dan berkarya. Dengan belajar, manusia bisa mendapat ilmu dan wawasan yang baru.

Nabi Muhammad SAW bersabda:

عَنْ أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ طَلَبُ الْعِلْمِ فَرِيضَةٌ عَلَى كُلِّ مُسْلِمٍ

Dari Anas ibn Malik r.a. ia berkata, Rasulullah SAW bersabda: “Menuntut ilmu itu yaitu kewajiban bagi setiap orang Islam.” (HR. Ibn Majah)

Tentang pentingnya menuntut ilmu, Imam Syifi‘i dalam kitab Diwan juga menegaskan:

“Barang siapa yang menghendaki dunia, maka harus dengan ilmu. Barang siapa yang menghendaki darul abadi maka harus dengan ilmu.”

Isi kandungan quran surat ar-rahman ayat 33 – Nasihat Imam Syafi‘i tersebut mengisyaratkan bahwa akomodasi dan kesuksesan hidup baik di dunia maupun di darul abadi sanggup dicapai oleh insan melalui ilmu pengetahuan. Ilmu pengetahuan tidak akan gampang diperoleh, kecuali dengan beberapa cara dan taktik yang harus dilalui. Dalam hal ini, Imam Syafi‘i dalam kitab Diwan menegaskan:

“Saudaraku, engkau tidak akan mendapat ilmu kecuali sesudah memenuhi enam syarat, yaitu: kecerdasan, kemauan yang kuat, kesungguhan, perbekalan yang cukup, dan kedekatan dengan guru dalam waktu yang lama.”

Ungkapan Imam Syafi‘i di atas, penting diketahui oleh orang-orang yang sedang asyik menuntut ilmu. Cara ini perlu dilakukan supaya berhasil. Perlu adanya semangat juang, harus dekat, akrab, dan hormat kepada guru supaya ilmunya berkah. Terlebih, mencari ilmu juga perlu waktu yang lama.

Demikian isi kandungan quran surat ar-rahman ayat 33, mulai dari lafal bacaan, terjemahan dalam bahasa Indonesia dan isi kandungannya. Semoga bermanfaat!

Katalog Penerbit Jabal – Penerbit AlquranKandungan Quran Surat Ar Rahman Ayat 33

Cara Order Pemesanan Al Quran & Buku Islam di Penerbit Jabal

Tertarik dengan produk alquran atau buku-buku islam di Penerbit Jabal? Silahkan kunjungi website kami www.penerbitjabal.com. Kemudian, Anda dapat langsung menghubungi tim admin melalui salah satu kontak yang tercantum di website.

Jika sudah, Anda akan segera terhubung dengan admin penerbitjabal.com yang sedang bertugas dan sampaikan kebutuhan pemesanan Anda. Mulai dari produk yang diinginkan, jumlah pesanan, harga dan tenggat waktu yang disepakati.

Penerbit Jabal adalah perusahaan penerbit alquran dan buku-buku islam untuk keperluan sekolah, pengajian, wakaf ataupun keperluan yang lainnya. Serahkan kepada Penerbit Jabal sebagai spesialis menerbitkan al quran & buku islam berkualitas harga terjangkau relatif murah. | Isi kandungan quran surat ar-rahman ayat 33

Baca Juga :

chat admin
Chat Admin
Ada yang bisa kami bantu?