Kandungan Quran Surat Al-Kahfi Ayat 29 | Penerbitjabal.com

By penerbitalquran

Kandungan quran surat al-kahfi ayat 29 berisi tentang penegasan terhadap orang kafir bahwa kebenaran yang hanya berasal dari Allah. Surah Al Kahfi merupakan surat ke 18 yang terdiri dari 110 ayat dan merupakan golongan surah Makkiyah.

Pada ayat ini, Allah SWT memerintahkan Rasul-Nya agar menegaskan kepada orang-orang kafir bahwa kebenaran yang disampaikan kepada mereka itu berasal dari Allah, Tuhan semesta alam. Kewajiban mereka adalah mengikuti kebenaran itu dan mengamalkannya. Manfaat dari kebenaran itu, tentulah kembali kepada mereka yang mengamalkannya. | Kandungan quran surat al-kahfi ayat 29

Bacaan dan Terjemah Al-Qur’an Surat Al Kahfi Ayat 29

وَقُلِ الْحَقُّ مِنْ رَبِّكُمْ ۖ فَمَنْ شَاءَ فَلْيُؤْمِنْ وَمَنْ شَاءَ فَلْيَكْفُرْ ۚ إِنَّا أَعْتَدْنَا لِلظَّالِمِينَ نَارًا أَحَاطَ بِهِمْ سُرَادِقُهَا ۚ وَإِنْ يَسْتَغِيثُوا يُغَاثُوا بِمَاءٍ كَالْمُهْلِ يَشْوِي الْوُجُوهَ ۚ بِئْس الشَّرَابُ وَسَاءَتْ مُرْتَفَقًا

Artinya : “Dan Katakanlah: “Kebenaran itu datangnya dari Tuhanmu; Maka Barangsiapa yang ingin (beriman) hendaklah ia beriman, dan Barangsiapa yang ingin (kafir) Biarlah ia kafir”. Sesungguhnya Kami telah sediakan bagi orang orang zalim itu neraka, yang gejolaknya mengepung mereka. dan kalau mereka meminta minum, pasti mereka akan diberi minum dengan air mirip besi yang mendidih yang menghanguskan muka. Itulah minuman yang paling buruk dan daerah istirahat yang paling jelek.” (QS. Al Kahfi : 29)

Mufradat Quran Surat Al-Kahfi Ayat 29

1. Kata الْحَقُّ /Al Haq mengandung pengertian yang ada secara pasti, yang cocok dan sesuai dengan yang sebenarnya, yang ada dengan tanpa keraguan, yang bermanfaat, tidak sia-sia dan binasa.

Ar Raghib Al Ishfahani menyebutkan bahwa makna Al haq (kebenaran) secara asal adalah kesesuaian dan sanggup bermakna ketetapan yang sesuai dengan tuntutan hikmah.

2. Kata رَبِّ / Rabb, Allah, seakar dengan kata tarbiyah, yaitu mengarahkan sesuatu tahap demi tahap menuju kesempurnaan bencana dan fungsinya.

Ketika menyebut kata rabb, maka dalam kandungan makna kata mi terhimpun semua sifat-sifat Allah SWT yang sanggup menyentuh makhluk. Pengertian rububiyah (kependidikan atau pemeliharaan) meliputi pertolongan rezeki, pengampunan dan kasih saying, juga amarah, ancaman, siksaan dan sebagainya. | Kandungan quran surat al-kahfi ayat 29

Kata Rabb apabila berdiri sendiri maka yang dimaksud yaitu “Tuhan” yang tentunya antara lain alasannya yaitu Dialah yang melaksanakan tarbiyah (pendidikan) yang pada hakikatnya yaitu pengembangan, peningkatan serta perbaikan makhluk ciptaan-Nya. | Kandungan quran surat al-kahfi ayat 29

3. Kata الْوُجُوهَ /Al Wajh/wajah, bab yang paling menonjol dari sisi luarnya serta paling terperinci menggambarkan identitasnya.

Jika suatu sosok tertutup wajahnya, maka tidak gampang mengenal siapa ia. Sebaliknya kalau seluruh sisi luarnya tertutup, kecuali wajahnya, maka ia sanggup dibedakan dari sosok yang lain, bahkan tanpa kesulitan ia sanggup dikenali. Demikian wajah menjadi mengambarkan identitas.

4. Kata سُرَادِقُ/ suradiq berasal dari bahasa Persia. Ada yang memahaminya dalam arti kemah dan ada juga dalam arti penghalang yang menghalangi sesuatu masuk ke rumah atau kemah.

Neraka diibaratkan dengan bangunan yang mempunyai penghalang berupa gejolak api, sehingga yang disiksa tidak sanggup keluar, dan pihak lain pun tidak ada yang sanggup masuk untuk menolong. Dengan demikian yang disiksa benar-benar diliputi oleh api itu.

Isi Kandungan Quran Surat Al-Kahfi Ayat 29

1. Didalam ayat ini manusia dibebaskan untuk menentukan pilihan, apakah mereka ingin menjadi orang yang beriman atau kafir. Sebelum mereka menentukan pilihan, mereka telah diberi tahu bahwa kebenaran berasal dari Allah SWT.

2. Orang – orang kafir merupakan orang – orang yang menolak kebenaran yang datang dari Allah SWT. Maka dari itu, mereka akan ditempatkan di neraka, yaitu tempat dimana mereka akan menerima kesengsaraan.

3. Neraka adalah tempat orang – orang kafir, tempat yang merupakan tempat istirahat yang paling jelek, serta apabila mereka meminta minum, mereka akan diberi minuman yang paling buruk.

Demikian isi kandungan quran surat al-kahfi ayat 29, mulai dari lafal bacaan, terjemahan dalam bahasa Indonesia dan isi kandungannya. Semoga bermanfaat!

Sumber Buku Tafsir XI MA Kemenag Republik Indonesia, 2015.

Katalog Penerbit Jabal – Penerbit Alquran

Cara Order Pemesanan Al Quran & Buku Islam di Penerbit Jabal

Tertarik dengan produk alquran atau buku-buku islam di Penerbit Jabal? Silahkan kunjungi website kami www.penerbitjabal.com. Kemudian, Anda dapat langsung menghubungi tim admin melalui salah satu kontak yang tercantum di website.

Jika sudah, Anda akan segera terhubung dengan admin penerbitjabal.com yang sedang bertugas dan sampaikan kebutuhan pemesanan Anda. Mulai dari produk yang diinginkan, jumlah pesanan, harga dan tenggat waktu yang disepakati.

Penerbit Jabal adalah perusahaan penerbit alquran dan buku-buku islam untuk keperluan sekolah, pengajian, wakaf ataupun keperluan yang lainnya. Serahkan kepada Penerbit Jabal sebagai spesialis menerbitkan al quran & buku islam berkualitas harga terjangkau relatif murah. | Kandungan quran surat al-kahfi ayat 29

Baca Juga :

chat admin
Chat Admin
Ada yang bisa kami bantu?