Kandungan Quran Surat Yunus Ayat 40 Dan 41 | Penerbitjabal.com

By penerbitalquran

Kandungan Quran Surat Yunus Ayat 40 Dan 41 – Sebuah kenyataan memang di dunia ini. Ada orang yang beriman kepada Allah subhanahu wa ta’ala. Ada pula mereka yang tidak mau beriman kepada-Nya. Semuanya memiliki konsekuensi yang harus ditanggung masing-masing.

Dalam setiap perbuatan itu, seseorang akan menanggung akibatnya. Inilah pentingnya kita mengetahui isi kandungan dari ayat-ayat Al-Quran. Ketika kita telah mengetahui isi kandungannya maka mudah sekali kita memperoleh pelajaran penting.

Lafal Bacaan Al-Qur’an Surat Yunus Ayat 40 dan 41 Serta Terjemahannya

وَمِنْهُم مَّن يُؤْمِنُ بِهِۦ وَمِنْهُم مَّن لَّا يُؤْمِنُ بِهِۦ ۚ وَرَبُّكَ أَعْلَمُ بِٱلْمُفْسِدِينَ


waminhum man yu’minu bihi waminhum man laa yu’minu bihi warabbuka a’lamu bilmufsidiin

Artinya : “Dan di antara mereka ada orang-orang yang beriman kepadanya (Al-Qur’an), dan di antaranya ada (pula) orang-orang yang tidak beriman kepadanya. Sedangkan Tuhanmu lebih mengetahui perihal orang-orang yang berbuat kerusakan.” (QS. Yunus : 40)

وَإِن كَذَّبُوكَ فَقُل لِّى عَمَلِى وَلَكُمْ عَمَلُكُمْ ۖ أَنتُم بَرِيٓـُٔونَ مِمَّآ أَعْمَلُ وَأَنَا۠ بَرِىٓءٌ مِّمَّا تَعْمَلُونَ

wa-in kadzdzabuuka faqul lii ‘amalii walakum ‘amalukum antum barii-uuna mimmaa a’malu wa-anaa barii-un mimmaa ta’maluun

Artinya : “Dan kalau mereka (tetap) mendustakanmu (Muhammad), maka katakanlah, ”Bagiku pekerjaanku dan bagimu pekerjaanmu. Kamu berlepas diri terhadap apa yang saya kerjakan dan saya pun berlepas diri terhadap apa yang kau kerjakan.” (QS. Yunus : 41).

Isi Kandungan Quran Surat Yunus Ayat 40 dan 41

Isi kandungan quran surat yunus ayat 40, Allah SWT menegaskan bahwa ummat Nabi Muhammad SAW terbagi menjadi dua kelompok dalam mengimani Nabi Muhammad SAW dan Al-Qur’an yang diterimanya. Sebagian mendapatkan Al-Qur’an, mengikuti pemikiran Nabi Muhammad SAW dan mengambil manfaat dari risalah yang dibawanya. Sebagian lagi, mereka tidak beriman serta mendustakan Nabi Muhammad SAW.

Allah SWT lebih tahu perihal orang-orang yang membawa kerusakan di muka bumi dengan kemusyrikan, kezaliman dan kedurhakaan. Sebab, mereka tidak memiliki kesiapan untuk beriman.

Isi kandungan quran surat yunus ayat ke 41, Allah SWT memerintahkan kepada Nabi Muhammad SAW untuk tegar dalam menghadapi orang-orang yang ingkar. Beliau diperintahkan untuk menyatakan bahwa dia tidak bertanggung jawab atas perbuatan mereka. Dan merekapun tidak bertanggung jawab terhadap perbuatan beliau.

Dengan kata lain, “Bagiku pekerjaanku, bagimu pekerjaanmu”. Segala perbuatan sekecil apapun niscaya ada balasannya. Amal baik akan mendapatkan jawaban yang baik, sebaliknya amal buruk akan mendapatkan keburukan pula.

Yang dimaksud amalku (perbuatanku) yaitu Nabi akan terus berdakwah, menyeru kepada kebaikan mengajarkan taat kepada Allah SWT, memberi kabar besar hati kepada yang beriman dan bahaya bagi orang-orang yang mendustakannya. Hasil dari amal beliaupun tidak ada kaitannya dengan orang-orang kafir.

Sedangkan yang dimaksud amalmu (perbuatanmu) yaitu orang-orang kafir diberi kebebasan untuk terus menerus mendustakan agama, tetap dalam kekufuran dan syirik, zalim ataupun berbuat kerusakan. Semua amal perbuatannya tidak ada kaitannya dengan amalan Nabi Muhammad SAW.

(Jika mereka mendustakan kamu, maka katakanlah) kepada mereka “Bagiku pekerjaanku dan bagi kalian pekerjaan kalian, artinya bagi masing-masing pihak menanggung akhir perbuatannya sendiri. Kalian berlepas diri terhadap apa yang saya kerjakan dan saya berlepas diri terhadap apa yang kalian kerjakan.” (Tafsir Jalalayn.)

Demikian isi kandungan quran surat yunus ayat 40 dan 41, mulai dari lafal bacaan, terjemahan dalam bahasa Indonesia dan isi kandungannya. Semoga bermanfaat!

Katalog Penerbit Jabal – Penerbit AlquranKandungan Quran Surat Yunus Ayat 40 dan 41

Cara Order Pemesanan Al Quran & Buku Islam di Penerbit Jabal

Tertarik dengan produk alquran atau buku-buku islam di Penerbit Jabal? Silahkan kunjungi website kami www.penerbitjabal.com. Kemudian, Anda dapat langsung menghubungi tim admin melalui salah satu kontak yang tercantum di website.

Jika sudah, Anda akan segera terhubung dengan admin penerbitjabal.com yang sedang bertugas dan sampaikan kebutuhan pemesanan Anda. Mulai dari produk yang diinginkan, jumlah pesanan, harga dan tenggat waktu yang disepakati.

Penerbit Jabal adalah perusahaan penerbit alquran dan buku-buku islam untuk keperluan sekolah, pengajian, wakaf ataupun keperluan yang lainnya. Serahkan kepada Penerbit Jabal sebagai spesialis menerbitkan al quran & buku islam berkualitas harga terjangkau relatif murah. | Isi kandungan quran surat yunus ayat 40 dan 41

Baca Juga :

chat admin
Chat Admin
Ada yang bisa kami bantu?