Keutamaan dan Manfaat Membaca Al Quran – Penerbitjabal.com

By penerbitalquran

Selain shalat 5 waktu yang jadi kewajiban kita, ada juga ibadah- ibadah pendukung yang bisa kita lakukan. Mislanya, doa sunnah, membaca al quran serta berbagai ibadah lainnya. Rasul Muhammad Shallallahu Alaihi wa Sallam juga senantiasa menjelaskan keutamaan- keutamaan yang bisa kita lakukan. Sering- kali ibadah itu terkesan simpel, namun ternyata manfaatnya sangat sangat luar biasa. Serupa ibadah yang satu ini, kita hanya perlu membaca al quran sesudah salat.

Akan tetapi, banyak dari kita yang sungkan untuk sekedar membaca serta mempelajari isi dari al quran dengan bermacam alasan, seperti karena malas, tidak ada waktu ataupun karena beralasan bahasa al quran susah dibaca serta dimengerti.

Sementara itu, sesungguhnya membaca al quran sangatlah mudah. Yang paling penting, di dalamnya tercantum petunjuk- petunjuk dari Allah SWT mengenai bagaimana hidup di bumi serta di akhirat kelak. Terlebih, orang yang giat baca alquran akan mendapatkan pahala yang begitu besar serta dapat mendatangkan kebaikan.

Rasulullah Shalallahu Alaihi Wassalam pernah bersabda :

خَيْرُكُمْ مَنْ تَعَلَّمَ اْلقُرْآنَ وَعَلَّمَهُ

Artinya “Sebaik-baik kamu adalah orang yang mempelajari Al-Qur’an dan mengamalkannya.” (HR. Al-Bukhari)

keutamaan & manfaat membaca al quran

Keutamaan & Manfaat Membaca Al Quran

  • Ditenteramkan Hatinya

Allah SWT berfirman :

الَّذِينَ آمَنُوا وَتَطْمَئِنُّ قُلُوبُهُمْ بِذِكْرِ اللَّهِ ۗ أَلَا بِذِكْرِ اللَّهِ تَطْمَئِنُّ الْقُلُوبُ

Artinya :

“(yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tentram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingati Allah-lah hati menjadi tenteram.” (QS. Ar- Ra’d ayat 28)

Terlebih lagi, jika membaca al quran setelah menunaikan shalat, baik itu shalat fardhu maupun shalat sunnah. Tentunya, hal tersebut dapat mendatangkan pahala yang sangat besar bagi yang menjalankannya.

  • Obat segala penyakit

Allah SWT berfirman :

يَا أَيُّهَا النَّاسُ قَدْ جَاءَتْكُمْ مَوْعِظَةٌ مِنْ رَبِّكُمْ وَشِفَاءٌ لِمَا فِي الصُّدُورِ وَهُدًى وَرَحْمَةٌ لِلْمُؤْمِنِينَ

Artinya : 

“Hai manusia, telah datang kepadamu kitab yang berisi pelajaran dari Tuhanmu dan sebagai obat penyembuh jiwa, sebagai petunjuk dan rahmat bagi orang-orang yang beriman.” (QS. Yunus ayat 57)

[ Baca Juga : Al Quran Obat Penyakit Hati ]

  • Dengan membaca al quran dapat mengetahui apa saja yang harus kita lakukan di dunia dan akhirat kelak

فَعَقَرُوا النَّاقَةَ وَعَتَوْا عَنْ أَمْرِ رَبِّهِمْ وَقَالُوا يَا صَالِحُ ائْتِنَا بِمَا تَعِدُنَا إِنْ كُنْتَ مِنَ الْمُرْسَلِينَ

Artinya :

“Dan carilah pada apa yang telah dianugerahkan oleh Allah kepadamu kebahagiaan akherat, dan janganlah kamu melupakan bahagianmu dari kenikmatan dunia, dan berbuat baiklah kepada orang lain sebagaimana Allah telah berbuat baik kepadamu, dan janganlah kamu berbuat kerusakan di muka bumi. Sesungguhnya Allah tidak menyukai terhadap orang-orang yang berbuat kerusakan.” (QS. Al-Qasas ayat 77)

  • Dijaga oleh para malaikat

Dari Aisyah radhiyallahu ‘anha, bahwasannya Rosulullah Sholallahu Alaihi wassalam bersabda :

الْمَاهِرُ بِالْقُرْآنِ مَعَ السَّفَرَةِ الْكِرَامِ الْبَرَرَةِ وَالَّذِى يَقْرَأُ الْقُرْآنَ وَيَتَتَعْتَعُ فِيهِ وَهُوَ عَلَيْهِ شَاقٌّ لَهُ أَجْرَانِ

Artinya:

Seorang yang lancar membaca Al Quran akan bersama para malaikat yang mulia dan senantiasa selalu taat kepada Allah, adapun yang membaca Al Quran dan terbata-bata di dalamnya dan sulit atasnya bacaan tersebut maka baginya dua pahala.(HR. Muslim)

  • Syafaat pada hari akhir zaman

Siapa yang tidak khawatir mengalami hari akhir zaman? Setiap insan yang meyakini hari akhir tentunya merasa khawatir akan kehadiran hari itu. Pada hari pengadilan akbar semua insan mengharap belas kasihan Allah untuk meringankan dosa mereka. Al Quran merupakan salah satu syafaat untuk mereka yang membaca serta mengamalkannya.

Rasulullah bersabda pada hadis yang diriwayatkan oleh Ahmad.

“Bacalah Al-Qur’an sebab ia akan datang pada hari kiamat memberikan syafaat kepada pemilik (pembaca dan pengamal)-nya”.

Dengan syafaat tersebut, “berat” seseorang akan diringankan oleh Allah pada hari penimbangan. Oleh sebab itu, amat memungkinkan ia untuk bebas dari hukuman neraka yang hebat. Tentunya, hal tersebut dapat diperoleh dengan giat membaca serta mengamalkan al quran. Bila membaca saja telah sebesar itu keistimewaan yang diterima, bagaimana dengan mengingat serta mengamalkan isi al quran? Tentu saja, terdapat lebih banyak lagi keutamaannya.

Tunggu apalagi? Mari perkuat hubungan kita dengan Al-Qur’an, sekarang juga!

Penerbit AlQuran Lengkap Berkualitas – Penerbit Jabal

Tertarik untuk memesanan al quran atau buku-buku islam di Penerbit Jabal? Silahkan buka website kami www.penerbitjabal.com. Kemudian, Anda dapat menghubungi kami melalui salah satu kontak admin yang tercantum di website. Jika sudah, Anda akan segera terhubung dengan admin yang sedang bertugas. Selanjutnya, sampaikan kebutuhan pesanan Anda mulai dari produk yang diinginkan, harga dan tenggat waktu.

Serahkan kepada ahlinya spesialis menerbitkan alquran dan buku-buku islam untuk keperluan sekolah, pengajian ataupun keperluan yang lain? Segera hubungi Penerbitjabal.com sebagai penerbit alquran yang berkualitas dan berpengalaman.

Penerbit jabal berkomitmen untuk memberikan pelayanan terbaik dengan mengutamakan kualitas dan ketepatan waktu saat proses produksi. Mulai dari tahap desain, pemilihan material, proses produksi dan kontrol kualitas.

Pemesanan klik tombol chat via whatsapp di bawah ini

Penerbit Jabal
HP/WA: 087777-500-661
Telp/Fax: 022-7809282
Email: penerbit_jabal@yahoo.com

Baca Juga :

chat admin
Chat Admin
Ada yang bisa kami bantu?