Kandungan Quran Surat Al-Ankabut Ayat 17 | Penerbitjabal.com

By penerbitalquran

Kandungan quran surat al-ankabut Ayat 17 – Surat al-ankabut terdiri atas 69 ayat dan termasuk golongan surat Makkiyyah. Pemberian nama “Al-Ankabut” karena terdapatnya perkataan al-ankabut yang berarti “laba-laba” pada ayat 41 surat ini.

Allah mengumpamakan penyembah-penyembah berhala-berhala itu laba-laba yang percaya kepada kekuatan rumahnya, sebagai tempat berlindung dan tempat menjerat mangsanya. Padahal jika dihembus angin atau ditimpa oleh suatu barang yang kecil saja, rumah itu akan hancur.

Begitu juga dengan kaum musyrikin yang percaya dengan kekuatan sembahan mereka sebagai tempat berlindung dan meminta sesuatu yang mereka inginkan. Padahal sembahan mereka tersebut tidak mampu sedikitpun untuk menolong mereka dari azab Allah sewaktu di dunia. Apalagi menghadapi azab Allah di akhirat nanti, sembahan-sembahan mereka itu lebih tidak mampu menghindarkan dan melindungi mereka.

[ Kunjungi Website Penerbit Jabal : Penerbit Alquran ]

Lafal Bacaan Surat Al-Ankabut Ayat 17 dan Terjemahan

إِنَّمَا تَعْبُدُونَ مِن دُونِ ٱللَّهِ أَوْثَٰنًا وَتَخْلُقُونَ إِفْكًا ۚ إِنَّ ٱلَّذِينَ تَعْبُدُونَ مِن دُونِ ٱللَّهِ لَا يَمْلِكُونَ لَكُمْ رِزْقًا فَٱبْتَغُوا۟ عِندَ ٱللَّهِ ٱلرِّزْقَ وَٱعْبُدُوهُ وَٱشْكُرُوا۟ لَهُۥٓ ۖ إِلَيْهِ تُرْجَعُونَ

innamaa ta’buduuna min duuni laahi awtsaanan watakhluquuna ifkan inna ladziina ta’buduuna min duuni laahi laa yamlikuuna lakum rizqan fabtaghuu ‘inda laahi rrizqa wa’buduuhu wasykuruu lahu ilayhi turja’uun

Artinya : “Sesungguhnya yang kau sembah selain Allah hanyalah berhala-berhala, dan kau menciptakan kebohongan. Sesungguhnya apa yang kau sembah selain Allah itu tidak bisa memperlihatkan rezeki kepadamu; maka mintalah rezeki dari Allah, dan sembahlah Dia dan bersyukurlah kepada-Nya. Hanya kepada-Nya kau akan dikembalikan.” (QS. al-‘Ankabut : 17)

Isi Kandungan Quran Surat Al-Ankabut Ayat 17

Kandungan quran surat al-ankabut ayat 17 – Allah SWT telah menegaskan bahwa sesembahan selain Allah SWT, sudah jelas merupakan hasil ciptaan tangan manusia itu sendiri. Akan tetapi, meraka berdusta dengan menganggapnya itulah yang sebenarnya berkuasa. Kemudian, ciptaan mereka yang berbentuk patung dan berhala tersebut berdasarkan kepercayaan mereka mampu memberi manfaat (keuntungan) kepada mereka.

Kemudian Ibrahim ‘alaihissalam mencela dan mengecam mereka, bahwa patung-patung itu sedikitpun tidak mampu memberi rezeki kepada mereka. Sebab, rezeki itu merupakan wewenang mutlak yang hanya dimiliki oleh Allah SWT saja. Oleh karena itu, dianjurkan kepada mereka agar memohon rezeki dan mata pencaharian (penghasilan) itu hanya kepada Allah SWT serta mensyukuri jika yang diminta itu telah diperkenankan-Nya. Allah SWT sajalah yang mendatangkan rezeki bagi manusia serta memberi nikmat para hamba-Nya.

Hanya kepada-Nya lah insan akan dikembalikan, dimana insan dianjurkan untuk mencari keridoan-Nya dengan jalan mendekatkan diri kepada-Nya. Ayat ini ditutup dengan lafal ”Kepada-Nya lah kau dikembalikan” artinya bersiap-siaplah kamu menemui Allah SWT dengan beribadah dan bersyukur.

Tafsir Al-Muyassar

“Apa yang kalian sembah (wahai kaum) selain Allah kecuali berhala-berhala saja, dan kalian membuat-buat kedustaan dengan menamakannya sebagai tuhan-tuhan sembahan. Sesungguhnya berhala-hala kalian yang kalian sembah selain Allah itu tidak mampu memberikan rizki apa pun kepada kalian. Maka carilah rizki dari sisi Allah, bukan dari berhala-berhala kalian. Dan ikhlaskanlah ibadah hanya kepadaNya, begitu juga rasa syukur atas rizkiNya bagi kalian. Kepada Allah kalian akan dikembalikan setelah kematian kalian. Kemudian Dia akan memberikan balasan kepada kalian sesuai dengan apa yang kalian perbuat.”

Firman Allah Q.S AnNaḥl ayat 114:

فَكُلُوا۟ مِمَّا رَزَقَكُمُ ٱللَّهُ حَلَٰلًا طَيِّبًا وَٱشْكُرُوا۟ نِعْمَتَ ٱللَّهِ إِن كُنتُمْ إِيَّاهُ تَعْبُدُونَ

fakuluu mimmaa razaqakumu laahu halaalan thayyiban wasykuruu ni’mata laahi in kuntum iyyaahu ta’buduun

Artinya : “Maka makanlah dari apa yang Allah telah berikan kepadamu masakan yang halal lagi baik, dan bersyukurlah kau akan nikmat Allah, kalau kau benar-benar beribadah hanya kepada-Nya.” (QS. An-Nahl : 114)

Kandungan quran surat al-ankabut ayat 17 – Berdasarkan ayat tersebut di atas bahwa bersyukur itu adalah dengan cara memakan masakan yang halal dan baik serta tidak berlebihan sesuai ketentuan yang ditentukan Allah SWT.

Penerbit Jabal – Grosir Al Quran Tangan Pertama

Penerbit jabal melayani pemesanan al quran dan buku islam untuk membantu Anda dalam menyediakan beragam al quran keperluan kantor, branding, promosi, event, institusi, organisasi, komunitas dan lain sebagainya. Terlebih, untuk melakukan pemesanan produk al quran maupun buku islam di penerbit jabal sangatlah mudah. Jika Anda tertarik untuk melakukan pemesanan, silahkan WA/Telpon admin 0853 1512 9995.

Untuk cek ketersedian stock produk di grosir al quran tangan pertama jangan sungkan untuk bertanya kepada admin penerbit jabal. Demikianlah ulasan tentang isi kandungan quran surat al-ankabut ayat 17, semoga informasi ini ada manfaatnya.

KONTAK PENERBIT JABAL

Admin: 0853 1512 9995 / 087777 500 661
Telp/Fax: 022-7809282
Website: www.penerbitjabal.com

Baca Juga :

chat admin
Chat Admin
Ada yang bisa kami bantu?