Kandungan Quran Surat Al-Muminun Ayat 12 – 14 | Penerbitjabal.com

By penerbitalquran

Isi kandungan quran surat al-muminun ayat 12 hingga ayat 14 – Surah Al-Mu’minun merupakan surah yang ke-23 dalam Al-Qur’an, dengan jumlah ayat sebanyak 118 ayat. Surah al-mu’minun merupakan surat Makiyyah atau surah yang diturunkan kepada Rasulullah Saw sebelum beliau hijrah ke madinah.

Dalam bahasa Indonesia Al-Mu’minun memiliki arti sebagai orang-orang yang beriman, hal ini sesuai dengan ayat-ayat awal yang kandungannya berisi tentang-orang yang beriman bahwa sungguh beruntung orang-orang yang beriman, siapa orang-orang yang beriman itu?

Yaitu orang-orang yang khusyu’ dalam sembahyangnya dan seterusnya sampai dengan bahwa orang yang beriman akan mewarisi surga firdaus. Surga yang paling tinggi dan surga tempat para Nabi dan Rasul.  

Lafaz Bacaan Ayat Al-Qur’an Surat Al-Mu’minun Ayat 12- 14 dan Artinya

Sebelum kita memahami secara lebih mendalam perihal kandungannya, marilah kita baca dengan baik dan benar QS. Al-Mu’minun ayat 12-14 berikut ini.

وَلَقَدْ خَلَقْنَا ٱلْإِنسَٰنَ مِن سُلَٰلَةٍ مِّن طِينٍ

walaqad khalaqnaa l-insaana min sulaalatin min thiin

Artinya : “Dan bahu-membahu Kami telah membuat insan dari suatu saripati (berasal) dari tanah.” (QS. Al-Mu’minun : 12)

ثُمَّ جَعَلْنَٰهُ نُطْفَةً فِى قَرَارٍ مَّكِينٍ

tsumma ja’alnaahu nuthfatan fii qaraarin makiin

Artinya : “Kemudian Kami jadikan saripati itu air mani (yang disimpan) dalam kawasan yang kokoh (rahim).” (QS. Al-Mu’minun : 13)

ثُمَّ خَلَقْنَا ٱلنُّطْفَةَ عَلَقَةً فَخَلَقْنَا ٱلْعَلَقَةَ مُضْغَةً فَخَلَقْنَا ٱلْمُضْغَةَ عِظَٰمًا فَكَسَوْنَا ٱلْعِظَٰمَ لَحْمًا ثُمَّ أَنشَأْنَٰهُ خَلْقًا ءَاخَرَ ۚ فَتَبَارَكَ ٱللَّهُ أَحْسَنُ ٱلْخَٰلِقِينَ

tsumma khalaqnaa nnuthfata ‘alaqatan fakhalaqnaa l’alaqata mudhghatan fakhalaqnaa lmudhghata ‘izhaaman fakasawnaa l’izhaama lahman tsumma ansya’naahu khalqan aakhara fatabaaraka laahu ahsanu lkhaaliqiin

Artinya : “Kemudian air mani itu Kami jadikan segumpal darah, kemudian segumpal darah itu Kami jadikan segumpal daging, dan segumpal daging itu Kami jadikan tulang belulang, kemudian tulang belulang itu Kami bungkus dengan daging. Kemudian Kami jadikan dia makhluk yang (berbentuk) lain. Maka Maha sucilah Allah, Pencipta Yang Paling Baik.” (QS. Al-Mu’minun : 14)

Isi Kandungan Quran Surat Al-Muminun Ayat 12 hingga 14

Isi Kandungan Quran Surat Al-Muminun Ayat 12 hingga 14

Isi kandungan quran surat al-muminun ayat 12 hingga 14 ini membuktikan perihal proses penciptaan insan yang sangat unik. Proses penciptaan insan diuraikan mulai unsur pertamanya, proses perkembangan dan pertumbuhannya di dalam rahim. Sehingga, menjadi makhluk yang tepat dan siap lahir menjadi seorang anak manusia.

Pada ayat 12, Allah Swt menjelaskan bahwa insan diciptakan dari sari pati yang berasal dari tanah.

Dan pada ayat 13, dengan kekuasaan-Nya saripati yang berasal dari tanah itu dijadikan-Nya menjadi nuthfah.

Kemudian, pada ayat 14 dijelaskan ketika berada di dalam rahim seorang perempuan tersebut, selama kurun waktu tertentu (40 hari) nuthfah tersebut berkembang menjadi ’alaqah (segumpal darah).

Selanjutnya, dalam kurun waktu tertentu pula (40 hari) ’alaqah menjelma mudghah (segumpal daging).

Dan selama kurun waktu tertentu (40 hari) menjelma tulang-belulang yang terbungkus daging, sebagaimana disebutkan dalam ayat tersebut (”kemudian Kami mengakibatkan dia makhluk yang berbentuk lain”).

Dalam teori biologi, dijelaskan bahwa insan berasal dari pertemuan antara sperma seorang pria dengan sel telur (ovum) seorang perempuan yang berlangsung di dalam saluran oviduc pada dikala ovulasi pada badan seorang perempuan yang kemudian disebut dengan pembuahan. || Isi kandungan quran surat al-muminun ayat 12-14

Kemudian akan dihasilkan zygot yang bergerak ke dalam rahim kemudian melekat pada dinding rahim. Di dalam rahim, zygot akan berkembang menjadi embrio kemudian menjadi janin. Dalam perkembangan berikutnya, janin siap lahir sehabis melalui masa tertentu.

Selama di dalam rahim hingga lahir, asupan makanan diperoleh melalui saluran yang melekat pada dinding rahim yang disebut plasenta. Gambaran yang demikian telah dijelaskan dalam ayat-ayat tersebut.

Sebagai penguatan terhadap klarifikasi tersebut, Rasulullah Saw, dalam sebuah hadis beliau menjelaskan :

عَنْ أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ إِنَّ اللَّهَ عَزَّ وَجَلَّ وَكَّلَ بِالرَّحِمِ مَلَكًا يَقُولُ يَا رَبِّ نُطْفَةٌ يَا رَبِّ عَلَقَةٌ يَا رَبِّ مُضْغَةٌ فَإِذَا أَرَادَ أَنْ يَقْضِيَ خَلْقَهُ قَالَ أَذَكَرٌ أَمْ أُنْثَى شَقِيٌّ أَمْ سَعِيدٌ فَمَا الرِّزْقُ وَالْأَجَلُ فَيُكْتَبُ فِي بَطْنِ أُمِّهِ

Dari Anas bin Malik dari Nabi saw, dia bersabda: “Sesungguhnya Allah Ta’ala menugaskan satu Malaikat dalam rahim seseorang. Malaikat itu berkata, ‘Ya Rabb, (sekarang baru) sperma. Ya Rabb, segumpal darah!, Ya Rabb, segumpal daging! ‘ Maka apabila Allah berkehendak memutuskan ciptaan-Nya, Malaikat itu bertanya, ‘Apakah pria atau wanita, celaka atau bahagia, bagaimana dengan rizki dan ajalnya? ‘ Maka ditetapkanlah ketentuan takdirnya selagi berada dalam perut ibunya.” (HR. Bukhari)

Yang menjadi sangat menakjubkan yaitu bahwa ketika Al-Qur’an diturunkan, pemahaman insan terhadap proses insiden insan masih belum hingga pada penggambaran yang sangat detail menyerupai yang digambarkan ayat-ayat tersebut.

Namun, Al-Qur’an menggambarkannya dengan sedemikian detail dan gamblang. Dan dalam periode perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, semua yang digambarkan dalam ayat Al-Qur’an dan kemudian dijelaskan lebih detail lagi oleh Nabi Muhammad Saw. || Isi kandungan quran surat al-muminun ayat 12-14

Ternyata semuanya terbukti benar. Ini menunjukkan bahwa Al-Qur’an yaitu benar-benar wahyu Allah Swt, Apa yang dikandung di dalamnya yaitu kebenaran hakiki dan bersifat mutlak.

Demikian isi kandungan quran surat al-muminun ayat 12-14, mulai dari lafal bacaan, terjemahan dalam bahasa Indonesia, mufradat, tafsir dan isi kandungannya. Semoga bermanfaat!

[ Rekomendasi Terbaik : Penerbit Alquran ]

Katalog Penerbit Jabal – Isi Kandungan Quran Surat Al-Muminun Ayat 12-14

Cara Order Pemesanan Al Quran & Buku Islam di Penerbit Jabal

Tertarik dengan produk alquran atau buku-buku islam di Penerbit Jabal? Silahkan kunjungi website kami www.penerbitjabal.com. Kemudian, Anda dapat langsung menghubungi tim admin melalui salah satu kontak yang tercantum di website.

Jika sudah, Anda akan segera terhubung dengan admin penerbitjabal.com yang sedang bertugas dan sampaikan kebutuhan pemesanan Anda. Mulai dari produk yang diinginkan, jumlah pesanan, harga dan tenggat waktu yang disepakati. || Isi kandungan quran surat al-muminun ayat 12-14

Penerbit Jabal adalah perusahaan penerbit alquran dan buku-buku islam untuk keperluan sekolah, pengajian, wakaf ataupun keperluan yang lainnya. Serahkan kepada Penerbit Jabal sebagai spesialis menerbitkan al quran & buku islam berkualitas harga terjangkau relatif murah. 

Baca Juga :

chat admin
Chat Admin
Ada yang bisa kami bantu?