Kandungan Quran Surat Al-Anbiyaa Ayat 30 | Penerbitjabal.com

By penerbitalquran

Kandungan quran surat al-anbiyaa ayat 30, Allah mengarahkan perhatian manusia kepada kekuasaan-Nya dalam menciptakan waktu malam dan siang, serta matahari yang bersinar di waktu siang dan bulan bercahaya di waktu malam. Masing-masing beredar pada garis edarnya dalam ruang cakrawala yang amat luas hanya Allah yang mengetahui batas-batasnya.

Lafal Bacaan Al-Qur’an Surat Al-Anbiyaa’ Ayat 30 dan Artinya

أَوَلَمْ يَرَ ٱلَّذِينَ كَفَرُوٓا۟ أَنَّ ٱلسَّمَٰوَٰتِ وَٱلْأَرْضَ كَانَتَا رَتْقًا فَفَتَقْنَٰهُمَا ۖ وَجَعَلْنَا مِنَ ٱلْمَآءِ كُلَّ شَىْءٍ حَىٍّ ۖ أَفَلَا يُؤْمِنُونَ

Awa lam yaraa ladziina kafaruu anna ssamaawaati wal-ardha kaanataa ratqan fafataqnaahumaa waja’alnaa mina lmaa-i kulla syay-in hayyin afalaa yu’minuun.

Artinya : “Dan apakah orang-orang yang kafir tidak mengetahui sebenarnya langit dan bumi itu keduanya dahulu ialah suatu yang padu, kemudian Kami pisahkan antara keduanya. Dan dari air Kami jadikan segala sesuatu yang hidup. Maka mengapakah mereka tiada juga beriman?” (Q.S Al-Anbiyaa ayat 30

Isi Kandungan Quran Surat Al-Anbiyaa Ayat 30

Kandungan quran surat al-anbiyaa ayat 30 ini, Allah SWT menjelaskan bahwa keadaan orang yang tidak memperhatikan keadaan alam ini dan tidak memperhatikan kejadiannya, padahal dari makhluk-makhluk yang ada di alam ini sanggup diperoleh bukti-bukti wacana adanya Allah SWT serta kekuasaan-Nya yang mutlak.

Allah SWT menegaskan bahwa mereka itu buta, sehingga tidak sanggup melihat bahwa langit dan bumi itu dulunya merupakan suatu yang padu dan tidak berpecah. Kemudian, Allah SWT dengan kekuasaan-Nya yang mutlak dan sanggup berbuat apa saja yang dikehendaki-Nya, menyerupai memisahkan antara langit dan bumi itu, dan masing-masing beredar berdasarkan garis edarnya, dan melaksanakan kiprah tertentu, dengan sebaik-baiknya.

Setelah menghidangkan ilmu pengetahuan wacana insiden alam ini, yaitu langit dan bumi, selanjutnya dalam ayat ini Allah Swt mengajarkan pula suatu prinsip ilmu pengetahuan yang lain, yaitu mengenai kepentingan fungsi air bagi kehidupan semua makhluk yang hidup di alam ini, baik manusia, binatang maupun tumbuhtumbuhan. Maka Allah Swt berfirman: “.. dan dari air Kami jadikan segala sesuatu yang hidup”.

Kandungan quran surat al-anbiyaa ayat 30 – Pada masa kini ini, tidak ada orang yang mengingkari pentingnya air bagi manusia, maupun untuk keperluan binatang ternaknya, ataupun untuk kepentingan tanam-tanaman dan sawah ladangnya. Manusia dan binatang sanggup bertahan hidup berhari-hari tanpa makan, asalkan ia mendapat minum. Akan tetapi iatakkan sanggup hidup tanpa mendapat minum beberapa hari saja. Di samping itu, insan dan hewan, selain memerlukan air untuk hidupnya, ia juga berasal dari air, yang disebut “nuṭfah”.

Sumber Buku Tafsir Ilmu Tafsir Kemenag Republik Indonesia, 2015.

Kandungan Quran Surat Al Maidah – Penerbit jabal – Penerbit Alquran

Cara Order Pemesanan Al Quran & Buku Islam di Penerbit Jabal

Tertarik dengan produk alquran atau buku-buku islam di Penerbit Jabal? Silahkan kunjungi website kami www.penerbitjabal.com. Kemudian, Anda dapat langsung menghubungi tim admin melalui salah satu kontak yang tercantum di website.

Jika sudah, Anda akan segera terhubung dengan admin penerbitjabal.com yang sedang bertugas dan sampaikan kebutuhan pemesanan Anda. Mulai dari produk yang diinginkan, jumlah pesanan, harga dan tenggat waktu yang disepakati.

Penerbit Jabal adalah perusahaan penerbit alquran dan buku-buku islam untuk keperluan sekolah, pengajian, wakaf ataupun keperluan yang lainnya. Serahkan kepada Penerbit Jabal sebagai spesialis menerbitkan al quran & buku islam berkualitas harga terjangkau relatif murah. | Kandungan quran surat al-anbiyaa ayat 30

Baca Juga :

chat admin
Chat Admin
Ada yang bisa kami bantu?