Kandungan Quran Surat An-Nisa Ayat 80 | Penerbitjabal.com

By penerbitalquran

Kandungan Quran Surat An-Nisa Ayat 80 – Menurut Al-Quran, Rasul SAW bukan hanya bertanggung jawab menyampaikan perintah-perintah ilahi. Akan tetapi, beliau juga menjadi hakim dan pemimpin masyarakat Islam. Menaati Rasulullah SAW sama dengan mengikuti perintah Allah SWT. Sebaliknya, melanggar beliau sama artinya melanggar perintah Allah SWT.

Lafal Bacaan Al-Qur’an Surat An-Nisa’ Ayat 80 dan Artinya

مَّن يُطِعِ ٱلرَّسُولَ فَقَدْ أَطَاعَ ٱللَّهَ ۖ وَمَن تَوَلَّىٰ فَمَآ أَرْسَلْنَٰكَ عَلَيْهِمْ حَفِيظًا

Man yuthi’i rrasuula faqad athaa’a laaha waman tawallaa famaa arsalnaaka ‘alayhim hafiizhaa.

Artinya : “Barangsiapa yang mentaati Rasul itu, gotong royong ia telah mentaati Allah. Dan barangsiapa yang berpaling (dari ketaatan itu), maka Kami tidak mengutusmu untuk menjadi pemelihara bagi mereka.” (QS. An-Nisa” : 80)

[ Rekomendasi Terbaik : Penerbit Alquran ]

Isi Kandungan Quran Surat An-Nisa’ Ayat 80

Kalimat فَمَآ أَرْسَلْنَٰكَ عَلَيْهِمْ حَفِيظًا dimaksudkan agar Rasul SAW tidak berapi-api dalam mendakwahi dan merasa bersalah kalau manusia tidak beriman. Hal tersebut bertujuan untuk meringankan beban yang sedemikian besar.

Perintah atau larangan yang berasal dari Rasulullah SAW dalam perkara-perkara di luar agama, hukumnya bukan wajib atau haram. Ketaatan kepada Rasul yaitu juga merupakan satu bentuk ketaatan kepada Allah Swt. Pada dasarnya, ketaatan kepada Rasul ini seharusnya bukanlah berangkat dari Al Quran semata, akan tetapi hal ini alasannya yaitu sosok dia yang ideal untuk diteladani.

Beliau bergelar Al- Amin semenjak sebelum mendapatkan risalah, mufassir al-Qur`an, mufti (pemberi fatwa), hakim, khalifah atau pemimpin, suami, bapak dan eksklusif atau individu yang akhlaknya sangat mulia. Bahkan Allah menegaskan akan kemuliaan budi bahasa dia dalam QS. Al-Qalam [68] ayat 4 :

وَإِنَّكَ لَعَلَىٰ خُلُقٍ عَظِيمٍ

Artinya : “dan Sesungguhnya kau benar-benar berbudi pekerti yang agung.”

Setelah Al Quran, seorang peneliti barat Michael H. Hart yang menulis “100 Tokoh Yang Paling Berpengaruh” pada tahun 1978, menempatkan Rasulullah Muhammad pada peringkat pertama, Nabi Isa menempati peringkat ketiga, sedangkan Isaac Newton peringkat kedua. || Isi kandungan quran surat an-nisa ayat 80

Rasulullah SAW bukanlah sosok yang otoriter. Beliau mendapatkan pendapat, inspirasi dan masukan para sahabat sesuai dengan kompetensi atau keahlian mereka masing – masing. Contohnya di bidang pertanian atau pertahanan.

Ayat ini juga menegaskan agar Rasulullah SAW tidak perlu mengambil tindakan kekerasan atau memaksa orang-orang untuk taat. Alasannya, yaitu pada hakekatnya dia diutus bukanlah sebagai penjaga amal-amal perbuatan mereka. Beliau diutus hanya untuk memberikan berita besar hati dan peringatan.

Sedangkan, imbalan bagi orang-orang yang tidak mau taat yaitu terserah kepada Allah SWT, hendak diberi ganjaran dan ataukah mendapatkan hukuman. Beriman atau tidaknya seseorang bukanlah hasil paksaan, akan tetapi kesadaran sehabis melalui proses berfikir.

Pada hakekatnya, perintah dan larangan Allah SWT yaitu wujud kasih sayang-Nya kepada kita. Allah SWT memberi kita perintah alasannya yaitu Allah SWT tahu betul bahwa apa yang diperintahkan-Nya itu bermanfaat bagi manusia. || Isi kandungan quran surat an-nisa ayat 80

Allah SWT memerintahkan kita shalat, puasa, menolong orang lain, berbuat jujur, menjaga kebersihan jasmani ruhani dan perintah-perintah yang lain. Semua yang diperintahkan yaitu membawa kebaikan, keselamatan, keberuntungan dan kebahagiaan.

Demikian juga larangan-Nya, semata-mata untuk mencegah kita dari kehancuran. Allah SWT melarang kita mendekati zina, berjudi, minum khamr, melaksanakan korups, dan larangan-larangan yang lain. Alasannya yaitu semua itu akan membawa kehancuran bagi kehidupan manusia.

Demikian isi kandungan quran surat an-nisa ayat 80, mulai dari lafal bacaan, terjemahan dalam bahasa Indonesia, mufradat, tafsir dan isi kandungannya. Semoga bermanfaat!

[ Rekomendasi Terbaik : Penerbit Alquran ]

Katalog Penerbit Jabal – Isi Kandungan Quran Surat An-Nisa Ayat 80

Cara Order Pemesanan Al Quran & Buku Islam di Penerbit Jabal

Tertarik dengan produk alquran atau buku-buku islam di Penerbit Jabal? Silahkan kunjungi website kami www.penerbitjabal.com. Kemudian, Anda dapat langsung menghubungi tim admin melalui salah satu kontak yang tercantum di website.

Jika sudah, Anda akan segera terhubung dengan admin penerbitjabal.com yang sedang bertugas dan sampaikan kebutuhan pemesanan Anda. Mulai dari produk yang diinginkan, jumlah pesanan, harga dan tenggat waktu yang disepakati. || Isi kandungan quran surat an-nisa ayat 80

Penerbit Jabal adalah perusahaan penerbit alquran dan buku-buku islam untuk keperluan sekolah, pengajian, wakaf ataupun keperluan yang lainnya. Serahkan kepada Penerbit Jabal sebagai spesialis menerbitkan al quran & buku islam berkualitas harga terjangkau relatif murah. 

Baca Juga :

chat admin
Chat Admin
Ada yang bisa kami bantu?