Penerbit Alquran Jabal, Penerbit Buku Islam, Penerbit Quran, Penerbit Alquran Bandung, Percetakan Alquran Indonesia Distributor Alquran Bandung, Supplier Alquran, Cetak Alquran Bandung, Penerbit Quran
Login
News
14 November 2019
Cinta Al-Qur'an Selamatkan Hidup
Pasti ada Orang yang sinis dan bahkan tidak percaya terhadap judul di atas. Namun, bagi orang yang paham Alquran apalagi yang menghayati dan mendalaminya secara substantif, pasti akan berkata, ungkapan itu benar dan amat logis. Mari kita buktikan kebenaran ungkapan itu dengan mengamati fungsi Alquran dalam kehidupan; baik secara individual, berkeluarga, bermasyarakat, maupun berbangsa dan bernegara. detail

4 November 2019
Surat Al-Nisa’ ayat 58 - Tafsir Tentang Amanah
Tafsir Surat Al-Nisa’ ayat 58 Tentang Perintah Menunaikan Amanat detail

1 November 2019
Paket Aqiqah Bandung 2020
Menerima Pemesanan Aqiqah dengan Harga Bersahabat.. detail

30 Oktober 2019
Doa Setelah Membaca Al-Quran
Berikut ini salah satu doa yang bisa kita baca setelah membaca Alquran detail

» index berita
Others
Others

Hal-hal yang Dilarang di Bulan Muharram


10 September 2019

Umat Islam beberapa waktu yang lalu memperingati Tahun Baru Islam 1441H.

Itu adalah tanda bahwa umat Islam telah masuk bulan pertama dalam kalender Islam, yaitu bulan Muharram.

Bulan Muharram ternyata punyai banyak keberkahan karena itu bulan ini cukup istimewa dibanding bulan lainnya.

Dalam Islam, bulan Muharram termasuk salah satu empat bulan suci. Bulan Muharram juga adalah sebagai Syahrullah atau bulan kepunyaan Allah.

Dari Abu Bakrah RA, Nabi SAW bersabda

“Dalam setahun ada 12 bulan, yaitu di antaranya ada 4 bulan haram, 3 bulan berurutan adalah Dzulqa’dah, Dzulhijjah, Muharram dan Rajab-nya Mudhar. Yang ada di antara Jumada dan Sya’ban.” (HR. Bukhari).

Hadis lain yang memperkuat. Nabi Muhammad SAW bersabda,

“Waktu berputar seperti semula tatkala Allah menciptakan langit dan bumi. Satu tahun ada dua belas bulan. Ada empat bulan suci Di antaranya. Tiga bulan berturut-turut itu bulan Dzulqa’dah, Dzulhijjah dan Muharram. Dan satu bulan lagi itu Rajab yang terletak antara Jamadil Akhir dan Sya’ban.” (HR Muslim)

Nyatalah dengan hadis di atas, umat Islam sangat dianjurkan untuk berpuasa dalam bulan Muharram. Sebagaimana Tepatnya yaitu pada tanggal 9-10 Muharram.

Nabi SAW pernah bersabda,

“Puasa yang paling utama setelah puasa Ramadhan adalah puasa pada bulan Muharram.” (HR. Muslim)

Ternyata bukan shaum saja, rupa-rupanya di bulan Muharram ada hal-hal yang dilarang pada umat Islam.

Yaitu, umat Islam hendaknya tidak berbuat dosa dalam bulan Muharram. Sebagaimana Allah menyebutkannya dalam Alquran surat At-Taubah ayat 36.

Dalam ayat tersebut Allah berfirman,

“Sesungguhnya bilangan bulan pada sisi Allah adalah dua belas bulan, dalam ketetapan Allah di waktu Dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya empat bulan haram. Itulah (ketetapan) agama yang lurus, maka janganlah kamu menganiaya diri kamu dalam bulan yang empat itu, dan perangilah kaum musyrikin itu semuanya sebagaimana merekapun memerangi kamu semuanya, dan ketahuilah bahwasanya Allah beserta orang-orang yang bertakwa.” (At-Taubah: 36)

Dalam ayat ini dijelaskan bahwasanya ummat tidak menganiaya diri mereka sendiri dalam empat bulan suci tersebut. Empat bulan tersebut yaitu Zulkaedah, Zulhijjah, Muharram dan Rajab.

Oleh karena itu, umat Islam hendaknya tidak berbuat dosa ataupun berbuat maksiat dalam empat bulan haram tersebut. Mengapa demikian?

Dalam bulan yang diharamkan, umat Islam dilarang untuk:

  1. Berperang dan saling membunuh kecuali dalam kondisi terancam.
  2. Larangan untuk melakukan maksiat. Larangan di bulan-bulan ini juga lebih keras dibandingkan dengan bulan-bulan lain.

Selain itu, Qatadah RA pernah berkata;

“Sesungguhnya berbuat zalim di bulan-bulan haram lebih besar kesalahan dan dosanya dibanding berbuat zalim selain bulan-bulan haram. Meskipun demikian zalim pada tiap keadaan bernilai besar, tetapi Allah membesarkan segala urusannya sesuai apa yang dikehendaki-Nya.” (Fiqhussunnah, Syekh Sayyid Sabiq)

Penutup

Dengan demikian, umat Islam baiknya menghormati bulan Muharram. Karena merupakan salah satu dari bulan-bulan yang diistimewakan.

Dalam bulan Muharram, umat Islam hendaknya banyak beramal soleh dan menghindari kemaksiatan. Perbuatan maksiat pada bulan-bulan haram dosanya jauh lebih besar dibanding bulan-bulan lainnya. Sedangkan amal soleh pada bulan-bulan haram pahalanya lebih besar.

Penerbit Alquran. Percetakan Alquran. Grosir Alquran. Toko Alquran Bandung



Baca juga
  » 14 November 2019
Cinta Al-Qur'an Selamatkan Hidup
Pasti ada Orang yang sinis dan bahkan tidak percaya terhadap judul di atas. Namun, bagi orang yang paham Alquran apalagi yang menghayati dan mendalaminya secara substantif, pasti akan berkata, ungkapan itu benar dan amat logis. Mari kita buktikan kebenaran ungkapan itu dengan mengamati fungsi Alquran dalam kehidupan; baik secara individual, berkeluarga, bermasyarakat, maupun berbangsa dan bernegara.

  » 4 November 2019
Surat Al-Nisa’ ayat 58 - Tafsir Tentang Amanah
Tafsir Surat Al-Nisa’ ayat 58 Tentang Perintah Menunaikan Amanat

  » 1 November 2019
Paket Aqiqah Bandung 2020
Menerima Pemesanan Aqiqah dengan Harga Bersahabat..

  » 30 Oktober 2019
Doa Setelah Membaca Al-Quran
Berikut ini salah satu doa yang bisa kita baca setelah membaca Alquran

  » 28 Oktober 2019
Tips Agar Konsisten Baca Al-Qurán
"Sebaik-baik (manusia) kalian adalah yang istiqamah mempelajari Al-Qur'an dan mengajarkannya" (HR. Muslim). Maka mari memperbanyak amalan dengan membaca Al-Qur'an

Others
Search
Search:
Information
Shopping Cart
shopping cart
USD Calc
US$ x Rp. 9,500 =
Rp.