Penerbit Alquran Jabal, Penerbit Buku Islam, Penerbit Quran, Penerbit Alquran Bandung, Percetakan Alquran Indonesia Distributor Alquran Bandung, Supplier Alquran, Cetak Alquran Bandung, Penerbit Quran
Login
News
13 September 2019
Promo Buku Jabal HANYA Bulan September?!
Penerbit Jabal memberikan promo buku-buku berkualitas di bulan September ini.. detail

10 September 2019
Hal-hal yang Dilarang di Bulan Muharram
Jangan Lakukan Dua Hal Ini di Bulan Muharram detail

2 September 2019
Keutamaan Bulan Muharram dalam Islam
Keutamaan Bulan Muharram Menurut Islam dan Keutamaan Puasa Muharram detail

12 Agustus 2019
Wakaf Alquran ke Papua
LAZ Al Hilal membagikan Al Quran Penerbit Jabal ke Masyarakat Papua detail

» index berita
Others
Others

RESENSI BUKU - SIRAH NABAWIYAH – SAFIYYURRAHMAN AL-MUBARAKFURI


4 Juli 2019

Resensi Buku Sirah Nabawiyah Karya Syaikh Safiyyurrahman Al-Mubarakfuri

  • Judul Buku : Sirah Nabawiyah
  • Penulis : Syaikh Shafiyyurrahman Al-Mubarakfuri
  • Penerbit : Penerbit Jabal
  • Ketebalan Buku : 648 hlm

Buku sejarah Nabi karya Syaikh Safiyyurrahman Al-Mubarakfuri ini secara keseluruhan memiliki 58 bahasan pokok yang ditulis tanpa menggunakan bab tertentu.

Kepenulisan buku ini merunut pada kronologi peristiwa sejarah, yang menjadi acuannya adalah urutan turunnya ayat Quran yang bersangkutan, hadis-hadis ahad dan mutawatir yang berkenaan dengan peristiwa terkait.

Buku Sirah Nabawiyah ini mengutip beberapa pendapat dan penelitian dari penulis sebelumnya.

Syaikh Safiyyurrahman Al-Mubarakfuri mengombinasikan pendapat para penulis dan peneliti yang paling baik dan kuat pendapatnya, kemudian beliau jadikan rujukan.

Kalaupun terdapat perbedaan peristiwa maka Syaikh Safiyyurrahman Al-Mubarakfuri mencari sumber yang lebih kuat dan tepat. Beliau tak segan mengungkapkan pandangannya serta menuliskan hal yang ia anggap lebih tepat di dalam buku ini.

Pada awal penulisan buku, Syaikh Safiyyurrahman Al-Mubarakfuri mencoba menjelaskan kondisi masyarakat Arab sebelum Rasulullah saw lahir ke dunia. Beliau pun menjelaskan siapa keluarga Rasulullah dan bagaimana keadaan mereka kala masih ada di masa jahiliyah.

Setelah memaparkan garis keturunan Rasulullah saw, beliau menuliskan tahap kelahiran Rasulullah saw, saat itu seluruh alam semesta menyambut kelahiran Nabi Muhammad.

Syaikh Safiyyurrahman Al-Mubarakfuri menerangkan kondisi lingkungan Quraisy sebelum hadirnya nubuwah dan kejamnya permusuhan antar keluarga baik sebelum dan setelah turunnya nubuwah kepada Rasulullah saw.

Buku ini mencoba menerangkan kronologi kejadian secara runut, yang sebelumnya masih dianggap berserakan.

Buku ini juga mencatat dengan detil tahapan-tahapan kejadian penting dalam sejarah Islam. Seperti sejarah masyarakat sebelum adanya kenabian, proses dakwah di masa Makkah, dan penyebaran dakwah yang lebih luas ke Jazirah Arab.

Yang menjadi rujukan utama dalam buku ini yaitu tulisan sejarawan sebelumnya, misalnya merujuk pada buku Sirah An-Nabawiyah karya Ibnu Hisyam.

Dalam buku ini penulis cenderung lebih fokus pada aspek peperangan yang terjadi. Syaikh Safiyyurrahman Al-Mubarakfuri menuliskan tiap peperangan yang diikuti atau tidak oleh Rasulullah saw.

Saat menuliskan banyaknya peristiwa tersebut Syaikh Safiyyurrahman Al-Mubarakfuri memaparkan keunggulan sifat Rasulullah saw ketika manjadi komandan perang dan ahli strategi.

Kemudian menerangkan tentang kemuliaan dan akhlaq Rasulullah saw yang dituliskan rinci dan indah. Beliau pun mencatat bahwa tiap pencapaian yang didapat oleh umat muslim karena kemampuan Rasulullah dalam memberi contoh saat ada dalam lingkungan masyarakat dan betapa Nabi mempunyai kesesuaian antara ucap dan perilaku.

Pada akhir-akhir pembahasan buku, Syaikh Safiyyurrahman Al-Mubarakfuri menuliskan mengenai istri-istri Rasulullah saw, maupun wanita-wanita yang dijadikan hadiah dari para pemuka kaum di negara atau kerajaan lain.

Selain itu beliau juga menuliskan secara singkat dan padat mengenai sifat dan akhlaq Rasulullah saw secara personal dan bagaimana perlakuan terhadap sahabat maupun orang-orang yang memusuhi Rasulullah saw.

Kepengarangan

Imam Safiyyurrahman Al-Mubarakfuri dalam buku ini menceritakan tentang kisah hidup rasulullah secara runut dari sebelum kelahiran hingga sepeninggalan beliau. Dituliskan dengan rinci, komprehensif dan gaya kepenulisan yang ringan, namun tidak bertele-tele membuat kisah semakin menarik dan mudah dipahami oleh pembaca. Dengan menyabet juara pertama dalam mu’tar Islam yang pertama di Pakistan pada tahun 1396 H mengenai Sirah Nabawiyah, menjadi bukti tambahan bahwa secara kepenulisan Syaikh Safiyyurrahman Al-Mubarakfuri sangat baik tanpa menghilangkan aspek ketepatan kejadian, dan keilmiahan dalam pembahasan

Penutup

Buku Sirah Nabawiyah ini memiliki gaya Bahasa yang sederhana, tidak bertele-tele dan sistematis. Menceritakan dari awal kisah sebelum hadirnya Rasul dan kondisi setelahnya membuat pembaca mudah memahami setiap kejadian yang ada.

Selain itu2 data-data yang digunakan sangat bervariasi karena memakai penelitian sebelumnya sehingga banyak mengungkap hal-hal baru. Beliaupun menyimpulkan dengan menggunakan metode yang dianggap mendekati kejadian yang ada.

Bagi saya, ada beberapa hal yang cukup mengganjal dari buku ini, yaitu kurang mengungkap interaksi antara para sahabat, padahal penulis lain mengangkat kisah-kisah para sahabat menjadi satu buku tersendiri. Seperti tatkala Nabi mempersaudarakan kaum Anshor dan Muhajirin, atau hijrahnya beberapa sahabat yang mesti berjuang luar biasa.

Kontak Penerbit Jabal

HP/WA: 087777500661 / 085315129995
Telp/Fax: 022-7809282
Email: penerbit_jabal@yahoo.com

Jl. Desa Cipadung No 47 Cibiru Bandung Jawa Barat, Indonesia



Baca juga
  » 13 September 2019
Promo Buku Jabal HANYA Bulan September?!
Penerbit Jabal memberikan promo buku-buku berkualitas di bulan September ini..

  » 10 September 2019
Hal-hal yang Dilarang di Bulan Muharram
Jangan Lakukan Dua Hal Ini di Bulan Muharram

  » 2 September 2019
Keutamaan Bulan Muharram dalam Islam
Keutamaan Bulan Muharram Menurut Islam dan Keutamaan Puasa Muharram

  » 12 Agustus 2019
Wakaf Alquran ke Papua
LAZ Al Hilal membagikan Al Quran Penerbit Jabal ke Masyarakat Papua

  » 5 Agustus 2019
Penerbit Jabal di Jabar Book Fair Bandung
Diskon harga buku dan Alquran Jabal di Pameran Buku

Others
Search
Search:
Information
Shopping Cart
shopping cart
USD Calc
US$ x Rp. 9,500 =
Rp.