Sejarah Singkat Turunnya Al-Qur’an

25 Mei 2018

Ayat Al-Qur’an yang diturunkan secara berangsur-angsur selama 22 tahun, 2 bulan, 22 hari sesuai dengan peristiwa-peristiwa pentahapan dalam penetapan hukum. Setiap kali Rasul menerima wahyu, beliau langsung menghafalkan ayat-ayatnya dan disampaikan kepada para sahabatnya. Para sahabatnya pun disuruh menghafalkan ayat-ayat Al-Qur’an dan menuliskannya di atas pelepah kurma, lempengan-lempengan batu, dan keping-kepingan tulang.

Setelah ayat-ayat yang diturunkan cukup sampai satu surat, kemudian beliau memberi nama surat tersebut untuk membedakannya dari yang lain, juga memberi petunjuk kepada para sahabatnya tentang penempatan surat dan susunannya di dalam Al-Qur’an. Penerbit Jabal Bandung

Dalam menjaga kemurnian Al-Qur’an, setiap tahun malaikat Jibril datang kepada Rasulullah untuk memeriksa dan mengoreksi bacaan Rasul dengan cara menyuruhnya untuk mengulangi bacaan ayat-ayat yang telah diwahyukan. Kemudian Rasul pun melakukan hal yang sama kepada para sahabatnya, agar tidak terjadi kekeliruan dan kesalahan.

Sahabat Rasul banyak yang menjadi hafidz (penghafal Al-Qur’an). Adapun para sahabat yang menjadi juru tulis wahyu diantaranya adalah Abu Bakar Siddiq, Umar bin Khattab, Usman bin Affan, Ali bin Abi Thalib, Zaid bin Tsabit, Mu’awiyah bin Abu Sofyan, ubay bin ka’ab, Zubair bin Awwam, Amr bin As dan sahabat lainnya yang meskipun tidak disuruh, namun mereka ikut menuliskannya. Al-Qur'an Bandung

Penulisan Al-Qur’an menjadi sebuah mushaf terjadi melalui proses yang cukup panjang sampai pada masa pemerintahan khalifah Utsman bin Affan.

Penerbit Jabal Bandung menerbitkan alquran dan buku Islam serta melayani pesanan Al-Qur'an dan buku eceran maupun agen.

Info dan Pemesanan Hubungi :

Telp/WA : 0853 1512 9995/ Telp/Fax : 022-7809282
Jl.Desa Cipadung No 47 Cibiru Bandung 40614



Baca juga
  »
31 Juli 2018
Dalil yang Berkenaan dengan Aqiqah
Dalil Alquran dan Hadits Shahih yang Berkenaan Aqiqah.

  »
13 Juli 2018
Dengki itu memakan kebaikan sebagaimana api membakar kayu bakar
Dengki itu memakan kebaikan sebagaimana api membakar kayu bakar

  »
6 Juli 2018
Do'a minta pertolongan dari sifat malas
"Allahumma inni a'udzu bika minal 'azji,wal kasali, wal jubni, wal haromi, wal bukhl. Wa a'udzu bika min 'adzabil qobri wa min fitnatil mahyaa wal maat."

  »
29 Juni 2018
Sedekah anak yatim sebagai tanda tingkat keimanan seseorang
Sedekah adalah salah satu ibadaha yang dimuliakan Allah, allah berfirman: “Sesungguhnya orang-orang yang bersedekah baik laki-laki maupun perempuan dan meminjamkan kepada Allah dengan pinjaman yang baik, niscaya akan dilipatgandakan (pahalanya) kepada mereka dan bagi mereka pahala yang banyak“. (QS. Al-Hadid: 18).

  »
26 Juni 2018
Cinta Al-Qur'an Selamatkan Hidup
Pasti ada Orang yang sinis dan bahkan tidak percaya terhadap judul di atas. Namun, bagi orang yang paham Alquran apalagi yang menghayati dan mendalaminya secara substantif, pasti akan berkata, ungkapan itu benar dan amat logis. Mari kita buktikan kebenaran ungkapan itu dengan mengamati fungsi Alquran dalam kehidupan; baik secara individual, berkeluarga, bermasyarakat, maupun berbangsa dan bernegara.