Siapkan diri dalam menyambut Bulan Ramadhan


14 Mei 2018

  1. Berniat
    Baik buruknya amal seseorang terletak pada niat. Dengan niat yang benar dan ikhlas untuk mengharap ridho Allah, puasa kita akan berkualitas.
  2. Berdoa
    Berdoalah kepada Allah agar kita dapat menjaga hati dan diri kita agar benar-benar siap menyambut bulan Ramadhan. Selain itu, panjatkan pula doa agar Allah mempertemukan kita dengan Ramadhan dalam keadaan sehat dan kuat baik jasmani dan rohani.
  3. Mempersiapkan diri lahir dan batin
    Menyambut bulan Ramadhan. Sudah sebaiknya kita menyiapkan lahir dan batin untuk melaksanakan ibadah puasa dan ibadah-ibadah agung lainnya di bulan Ramadhan. Misalnya, melatih dan memperbanyak ibadah di bulan Sya’ban ini seperti puasa Sunnat dan shalat malam. Selain itu, agar puasa Anda dapat berjalan dengan baik, tentu harus tahu persiapan fisik menjelang bulan Ramadhan.
  4. Membayar puasa tahun lalu
    Apabila kita memiliki utang puasa Ramadhan tahun yang lalu, sudah seharusnya kita membayar utang puasa tersebut sesegera mungkin. Hal ini karena menunda qadha puasa dengan sengaja sampai masuk Ramadhan berikutnya adalah dosa.
  5. Menambah ilmu tentang segala hal yang berkaitan dengan bulan Ramadhan
    Agar kegiatan kita pada bulan Ramadhan lebih optimal maka kita harus memiliki wawasan dan pemahaman yang benar tentang bulan Ramadhan dan segala hal yang terkait dengan bulan Ramadhan. Caranya tentu saja dengan membaca litelatur dan menghadiri pengajian yang membahas tentang keutamaan Ramadhan. Ingatlah, hanya dengan ilmu kita dapat mengetahui cara berpuasa yang benar.
  6. Menjaga kesehatan
    Kesehatan merupakan modal utama dalam melakukan aktivitas, termasuk dalam melakukan ibadah. Dalam meyambut Ramadhan kita harus menjaga kesehatan dan menjaga stamina. Caranya, tentu saja menjaga pola makan, mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi, seperti buah-buahan dan sayur-sayuran. Selain itu, kita juga harus beristirahat yang cukup.
  7. Menentukan target untuk meningkatan diri
    Menentukan target yang ingin dicapai pada bulan Ramadhan juga penting untuk dilakukan. Misalnya, khatamkan al-quran, berinfak, dan sebagainya. Hal tersebut dilakukan untuk memacu kita agar lebih baik lagi dalam beribadah. Selamat menjalankan ibadah puasa.



Baca juga
  » 13 Juli 2018
Dengki itu memakan kebaikan sebagaimana api membakar kayu bakar
Dengki itu memakan kebaikan sebagaimana api membakar kayu bakar

  » 6 Juli 2018
Do'a minta pertolongan dari sifat malas
"Allahumma inni a'udzu bika minal 'azji,wal kasali, wal jubni, wal haromi, wal bukhl. Wa a'udzu bika min 'adzabil qobri wa min fitnatil mahyaa wal maat."

  » 29 Juni 2018
Sedekah anak yatim sebagai tanda tingkat keimanan seseorang
Sedekah adalah salah satu ibadaha yang dimuliakan Allah, allah berfirman: “Sesungguhnya orang-orang yang bersedekah baik laki-laki maupun perempuan dan meminjamkan kepada Allah dengan pinjaman yang baik, niscaya akan dilipatgandakan (pahalanya) kepada mereka dan bagi mereka pahala yang banyak“. (QS. Al-Hadid: 18).

  » 26 Juni 2018
Cinta Al-Qur'an Selamatkan Hidup
Pasti ada Orang yang sinis dan bahkan tidak percaya terhadap judul di atas. Namun, bagi orang yang paham Alquran apalagi yang menghayati dan mendalaminya secara substantif, pasti akan berkata, ungkapan itu benar dan amat logis. Mari kita buktikan kebenaran ungkapan itu dengan mengamati fungsi Alquran dalam kehidupan; baik secara individual, berkeluarga, bermasyarakat, maupun berbangsa dan bernegara.

  » 6 Juni 2018
I’tikaf Boleh Dilakukan di Masjid Mana Saja
Menurut mayoritas ulama, i’tikaf disyari’atkan di semua masjid karena keumuman firman Allah di atas (yang artinya) “Sedang kamu beri’tikaf dalam masjid”.