Siapkan diri dalam menyambut Bulan Ramadhan


14 Mei 2018

  1. Berniat
    Baik buruknya amal seseorang terletak pada niat. Dengan niat yang benar dan ikhlas untuk mengharap ridho Allah, puasa kita akan berkualitas.
  2. Berdoa
    Berdoalah kepada Allah agar kita dapat menjaga hati dan diri kita agar benar-benar siap menyambut bulan Ramadhan. Selain itu, panjatkan pula doa agar Allah mempertemukan kita dengan Ramadhan dalam keadaan sehat dan kuat baik jasmani dan rohani.
  3. Mempersiapkan diri lahir dan batin
    Menyambut bulan Ramadhan. Sudah sebaiknya kita menyiapkan lahir dan batin untuk melaksanakan ibadah puasa dan ibadah-ibadah agung lainnya di bulan Ramadhan. Misalnya, melatih dan memperbanyak ibadah di bulan Sya’ban ini seperti puasa Sunnat dan shalat malam. Selain itu, agar puasa Anda dapat berjalan dengan baik, tentu harus tahu persiapan fisik menjelang bulan Ramadhan.
  4. Membayar puasa tahun lalu
    Apabila kita memiliki utang puasa Ramadhan tahun yang lalu, sudah seharusnya kita membayar utang puasa tersebut sesegera mungkin. Hal ini karena menunda qadha puasa dengan sengaja sampai masuk Ramadhan berikutnya adalah dosa.
  5. Menambah ilmu tentang segala hal yang berkaitan dengan bulan Ramadhan
    Agar kegiatan kita pada bulan Ramadhan lebih optimal maka kita harus memiliki wawasan dan pemahaman yang benar tentang bulan Ramadhan dan segala hal yang terkait dengan bulan Ramadhan. Caranya tentu saja dengan membaca litelatur dan menghadiri pengajian yang membahas tentang keutamaan Ramadhan. Ingatlah, hanya dengan ilmu kita dapat mengetahui cara berpuasa yang benar.
  6. Menjaga kesehatan
    Kesehatan merupakan modal utama dalam melakukan aktivitas, termasuk dalam melakukan ibadah. Dalam meyambut Ramadhan kita harus menjaga kesehatan dan menjaga stamina. Caranya, tentu saja menjaga pola makan, mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi, seperti buah-buahan dan sayur-sayuran. Selain itu, kita juga harus beristirahat yang cukup.
  7. Menentukan target untuk meningkatan diri
    Menentukan target yang ingin dicapai pada bulan Ramadhan juga penting untuk dilakukan. Misalnya, khatamkan al-quran, berinfak, dan sebagainya. Hal tersebut dilakukan untuk memacu kita agar lebih baik lagi dalam beribadah. Selamat menjalankan ibadah puasa.



Baca juga
  » 25 Mei 2018
Sejarah Singkat Turunnya Al-Qur’an
Pertama kali Rasul menerima wahyu yakni ketika usianya 40 tahun. Beliau sedang menyendiri di Gua Hira pada tanggal 17 Ramadhan. Ayat yang pertama kali turun yaitu ayat 1-5 dari surat Al-‘Alaq.

  » 22 Mei 2018
Memperoleh Kenikmatan dan Keutamaan membaca alquran dengan sempurna.
Mungkin bagi sebagian kita masih banyak yang belum istiqomah dalam membaca alquran, hal itu adalah wajar sekali karena mungkin mereka belum / kita belum menemukan kenikmatan membaca Alquran. lalu bagaimana agar bisa menemukan kenikmatan membaca Alquran..?

  » 21 Mei 2018
Do’a Agar Mencintai Dan Dicintai Allah
Doa yang dianjurkan oleh Rasulullah shalallahu alaihi wasallam untuk meraih kecintaan Allah

  » 7 Mei 2018
Luangkan Waktumu untuk Membaca Al-Qur’an!
Jangan karena kesibukan dan banyaknya kegiatan menjadikan kita lupa untuk membaca dan mentadaburi al-Qur’an. Sesungguhnya ketenangan dan ketentraman dapat diperoleh dari Al-Qur’an.

  » 4 Mei 2018
5 Amalan Istimewa di Hari Jum’at Yang Membuat Harimu Berkah
Hari jum’at seringkali kita sebut sebagai hari pendek. Di mana biasanya kebanyakan sekolah atau kantor memulangkan siswa atau karyawannya lebih awal karena ada ibadah khusus di hari jum’at yang merupakan wajib bagi kaum laki-laki, yaitu shalat jum’at.