www.penerbitjabal.com
Login
News
12 Desember 2018
Langkanya Tiga Hal ini di Akhir Zaman
Di Akhir Zaman, Ketiga Hal Ini Semakin Langka detail

10 Desember 2018
Agar Selamat, Ayo Baca Doa Ini Sebelum Bekerja | Penerbit Quran Jabal
Bacalah doa ini sebelum memulai aktifitas. detail

4 Desember 2018
Toko Alquran di Bandung
Alamat Toko Alquran di Bandung detail

3 Desember 2018
Kisah Nasruddin Hoja: Cara Agar Tetap Bahagia walapun Miskin | Penerbit Alquran Bandung
Orang yang dahulunya kaya pasti akan sedih saat tiba-tiba menjadi miskin, tapi Nasruddin Hoja punya kiat agar tetap bahagia walaupun jatuh miskin. | Penerbit Alquran Bandung detail

» index berita
Others
Others
Others

5 Amalan Istimewa di Hari Jum’at Yang Membuat Harimu Berkah


4 Mei 2018

Namun, banyak di antara kita yang mungkin masih belum tahu betapa istimewanya hari jum’at bagi kaum muslim, karena banyak amalan-amalan yang istimewa dan akan mendatangkan pahala yang besar serta keberkahan dari Allah jika dilakukan..

Seperti disebutkan dalam sebuah hadits, “Hari terbaik dimana matahari terbit di hari itu adalah hari jum’at. Di hari itu Adam diciptakan, di hari itu pula Adam dimasukkan ke dalam surga dan juga dikeluarkan dari surga. Dan kiamat tidak akan terjadi kecuali pada hari jum’at” (HR. Muslim).

Lalu apa saja beberapa amalan istimewa di hari jum’at tersebut? Berikut ulasannya:

Membersihkan diri di sini maksudnya bukan berarti bahwa kita harus senantiasa menjaga kebersihan diri atau jasmani pada hari jum’at saja, namun pada hari jum’at ada amalan istimewa yang bisa kita kerjakan untuk mendapat keistimewaan pada hari jum’at, yaitu membersihkan diri dengan total, seperti mandi keramas, memotong kuku, dan sebagainya. Hal ini didasarkan pada sebuah hadits, “Dari Abu Hurairah r.a, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Barangsiapa yang mandi pada hari jum’at, maka ia mandi seperti mandi janabah…” (HR. Bukhari dan Muslim).

2. Membaca Surat Al-Kahfi

Amalan istimewa yang dianjurkan untuk dilakukan pada hari jum’at adalah membaca Surat Al-Kahfi. Hal ini didasarkan pada hadits, “Dari Abu Sa’id Al Khudri, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, Barangsiapa membaca surat Al Kahfi sebagaimana diturunkan, maka ia akan mendapatkan cahaya dari tempat ia berdiri hingga Mekkah. Barangsiapa membaca 10 akhir ayatnya, kemudian keluar Dajjal, maka ia tidak akan dikuasai.

3. Memperbanyak Berdo’a

Salah satu waktu mustajab untuk berdo’a atau memohon kepada Allah adalah pada hari jum’at. Dimana hal tersebut juga telah diriwayatkan dalam sebuah hadits, “Dari Abu Hurairah r.a, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam membicarakan mengenai hari Jum’at lalu ia bersabda, Di dalamnya terdapat waktu. Jika seorang muslim berdoa ketika itu, pasti diberikan apa yang ia minta” Lalu beliau mengisyaratkan dengan tangannya tentang sebentarnya waktu tersebut.” (HR. Bukhari no. 935 dan Muslim no. 852, dari sahabat Abu Hurairah).

4. Memperbanyak Shalawat Nabi

Bershalawat kepada Rasulullaah SAW adalah sebuah amalan yang bisa kita lakukan kapanpun dan dimanapun kita berada. Namun pada hari jum’at, ada keistimewaan dimana kita dianjurkan untuk memperbanyak bershalawat nabi pada hari itu. Hal ini didasarkan pada sebuah hadits, “Dari Abu Umamah, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, Perbanyaklah shalawat kepadaku pada setiap Jum’at. Karena shalawat umatku akan diperlihatkan padaku pada setiap Jum’at.

5. Membaca Surat Al-Ikhlas, An-Nas, Al-Falaq Masing-Masing 7 Kali

Selain empat amalan di atas, ada satu lagi perbuatan istimewa yang bisa dilakukan di hari Jumat. Hal tersebut adalah dengan membaca 3 surat penghujung Al-Qur’an yakni An-Nas, Al-Falaq, dan Al-Ikhlas masing-masing 7 kali. Ada pun waktu pelaksanaannya adalah setelah Sholat Jumat, tepatnya boleh dilakukan sesaat setelah salam.



Baca juga
  » 12 Desember 2018
Langkanya Tiga Hal ini di Akhir Zaman
Di Akhir Zaman, Ketiga Hal Ini Semakin Langka

  » 10 Desember 2018
Agar Selamat, Ayo Baca Doa Ini Sebelum Bekerja | Penerbit Quran Jabal
Bacalah doa ini sebelum memulai aktifitas.

  » 4 Desember 2018
Toko Alquran di Bandung
Alamat Toko Alquran di Bandung

  » 3 Desember 2018
Kisah Nasruddin Hoja: Cara Agar Tetap Bahagia walapun Miskin | Penerbit Alquran Bandung
Orang yang dahulunya kaya pasti akan sedih saat tiba-tiba menjadi miskin, tapi Nasruddin Hoja punya kiat agar tetap bahagia walaupun jatuh miskin. | Penerbit Alquran Bandung

  » 30 November 2018
Jauhi Mengumpat dan Melaknat, Ini Akibatnya! | Penerbit Quran Jabal
Penerbit Quran Jabal

Others
Search
Search:
Information
Shopping Cart
shopping cart
USD Calc
US$ x Rp. 9,500 =
Rp.