Hati Bagai Rumah Sepi Sunyi Tak Berpenghuni


20 April 2018

Perumpamaan 'rumah yang sepi sunyi tak berpenghuni' itu mengandung maksud yang halus, sebagaimana untkapan peribahasa, 'rumah yang kosong adalah sarang setan gentayangan'.

Demikian juga hati yang kosong dari Kalamullah akan dikuasai oleh setan. Hadits di atas menyatakan betapa penting menghapal Al-Quran, sehingga hati yang tidak menyimpan Kalamullah telah disabdakan seperti 'rumah yang sepi sunyi tak berpenghuni'.

Abu Hurairah radhiallahu 'anha berkata, "Rumah yang di dalamnya ada bacaan Al-Quran, keluarga serta kerabatnya akan bertambah banyak dan keberkahan serta kebaikan akan memenuhi ahli rumah tersebut.

Malaikat akan turun memenuhi rumah itu dan setan akan keluar darinya. Sebaliknya rumah yang di dalamnya tidak dibacakan Al-Quran, akan dipenuhi oleh kesempitan dan ketidakberkahan. Malaikat akan keluar dari rumah itu, dan setan akan menyusup di rumah itu."

Ibnu Mas'ud radhiallahu 'anha dan sahabat yang lain meriwayatkan dari Rasulullah, "Rumah kosong ialah rumah yang di dalamnya tidak dibacakan Al-Quran."



Baca juga
  » 25 Mei 2018
Sejarah Singkat Turunnya Al-Qur’an
Pertama kali Rasul menerima wahyu yakni ketika usianya 40 tahun. Beliau sedang menyendiri di Gua Hira pada tanggal 17 Ramadhan. Ayat yang pertama kali turun yaitu ayat 1-5 dari surat Al-‘Alaq.

  » 22 Mei 2018
Memperoleh Kenikmatan dan Keutamaan membaca alquran dengan sempurna.
Mungkin bagi sebagian kita masih banyak yang belum istiqomah dalam membaca alquran, hal itu adalah wajar sekali karena mungkin mereka belum / kita belum menemukan kenikmatan membaca Alquran. lalu bagaimana agar bisa menemukan kenikmatan membaca Alquran..?

  » 21 Mei 2018
Do’a Agar Mencintai Dan Dicintai Allah
Doa yang dianjurkan oleh Rasulullah shalallahu alaihi wasallam untuk meraih kecintaan Allah

  » 14 Mei 2018
Siapkan diri dalam menyambut Bulan Ramadhan
Sebagai umat Islam, tentu kita harus menyambut bulan Ramadhan akan dengan gembira dan penuh syukur. Tentu saja hal ini karena bulan Ramadhan merupakan bulan penuh rahmat, bulan penuh pahala, dan bulan penuh kebaikan.

  » 7 Mei 2018
Luangkan Waktumu untuk Membaca Al-Qur’an!
Jangan karena kesibukan dan banyaknya kegiatan menjadikan kita lupa untuk membaca dan mentadaburi al-Qur’an. Sesungguhnya ketenangan dan ketentraman dapat diperoleh dari Al-Qur’an.