Alquran akan membawa kita ke Surga


16 April 2018

bu Sa’id Al-Khudri radhiyallahu ‘anhu meriwayatkan bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Akan dikatakan kepada penghafal Al-Qur’an jika dia telah memasuki surga: ‘Baca dan naiklah.’ Kemudian dia membaca dan naik bersama setiap ayat satu tingkatan. Sampai dia membaca ayat terakhir yang ia hafal,” (HR. Imam Ahmad, Abu Daud, At-Tirmidzi, Ibnu Majah, Ibnu Hibban, Al-Baihaqi dan Al-Hakim).

Dalam lafadz Tirmidzi, akan dikatakan pada para penghafal Al-Qur’an: “Bacalah, naiklah, dan bacalah dengan tartil sebagaimana ketika di dunia kau selalu baca dengan tartil. Maka sesungguhnya tingkatan derajatmu pada ayat yang terakhir engkau baca,” (HR Tirmidzi).

Ummu Darda’ radhiyallahu ‘anha berkata, “Aku pernah bertanya kepada Aisyah rodhiyallahu ‘anha tentang penghafal Al Qur’an yang memasuki surga, apa keutamaannya jika dibandingkan dengan orang yang tidak menghafalnya. Aisyah radhiyallahu ‘anha menjawab, “Sesungguhnya tingkatan surganya adalah sejumlah ayat-ayat Al Qur’an. Maka tidak ada seorangpun yang melampaui derajat penghafal Al Qur’an di dalam surga,” (HR. Al-Baihaqi, Ibnu Abi Syaibah, dan Al Baghawi).

Cobalah menghafal beberapa ayat Al Qur’an dan rasakan bagaimana iman akan mengalir di dalam kalbu. Nikmatilah ketenangan yang kau dapatkan setiap kali mengulangi bacaan tersebut. Betapa rindunya hati ini untuk mendengar lantunan ayat-ayat mengenai keindahan surga dan kekerasan hati menjadi luluh ketika mendengar ayat akan kengerian neraka.

Sesungguhnya dengan menghafal Al-Qur’an, kita bisa menghitung derajat kita di dalam surga. Sesungguhnya dengan satu ayat kita akan bisa menaiki satu derajat. Maka, tidakkah kita ingin mencapai tingkat surga yang setinggi-tingginya. Janganlah memuaskan diri dengan ingin masuk surga derajat terendah. Berharaplah dan kejarlah surga derajat tertinggi. 

alquran bandung, al quran percetakan, percetakan bandung, alquran muslimah, alquran  murah, percetakan murah, alquran wanita.



Baca juga
  » 6 Juni 2018
I’tikaf Boleh Dilakukan di Masjid Mana Saja
Menurut mayoritas ulama, i’tikaf disyari’atkan di semua masjid karena keumuman firman Allah di atas (yang artinya) “Sedang kamu beri’tikaf dalam masjid”.

  » 31 Mei 2018
Tanda-tanda orang yang telah mendapatkan rahmat lailatul qadar
Suatu keberuntungan bagi orang yang mendapatkan berkah lailatul qadar yang hanya terjadi setahun sekali.

  » 25 Mei 2018
Sejarah Singkat Turunnya Al-Qur’an
Pertama kali Rasul menerima wahyu yakni ketika usianya 40 tahun. Beliau sedang menyendiri di Gua Hira pada tanggal 17 Ramadhan. Ayat yang pertama kali turun yaitu ayat 1-5 dari surat Al-‘Alaq.

  » 22 Mei 2018
Memperoleh Kenikmatan dan Keutamaan membaca alquran dengan sempurna.
Mungkin bagi sebagian kita masih banyak yang belum istiqomah dalam membaca alquran, hal itu adalah wajar sekali karena mungkin mereka belum / kita belum menemukan kenikmatan membaca Alquran. lalu bagaimana agar bisa menemukan kenikmatan membaca Alquran..?

  » 21 Mei 2018
Do’a Agar Mencintai Dan Dicintai Allah
Doa yang dianjurkan oleh Rasulullah shalallahu alaihi wasallam untuk meraih kecintaan Allah