Dahsyatnya surat Alwaqiah


5 April 2018

TATA CARA MENGAMALKAN SURAT AL WAQIAH

Surat Al Waqiah (سورة الواقعة) adalah salah satu surat yang penuh dengan fadhilah dan keberkahan. Surah Al-Waqi’ah adalah surah yang ke-56 dalam Al-Quran, terletak pada juz ke 27 dan terdiri dari 96 ayat. Surat yang diturunkan setelah Surah Taahaa ini dinamakan dengan Al-Waaqi’ah (Hari Kiamat), diambil dari perkataan Al-Waaqi’ah yang terdapat pada ayat pertama. Surat ini banyak menceritakan tentang perihal hari kiamat dan bagaimana nanti pembagian umat di hari tersebut. Akan tetapi surat ini banyak memiliki fadhilah terutama dalam hal rezeki.

 

Berikut beberapa riwayat fadhilah dari surat waqiah

Sabda Rasulullah SAW:

  1. “Surah al-Waqiah adalah surah kekayaan. Hendaklah kamu membacanya dan ajarkanlah kepada anak-anak kamu.” (Riwayat Ibn Mardawaih daripada Anas: Kasyf al-Khafa’).

 

2.“Sesiapa yang membaca surah al-Waqiah pada setiap malam ia tidak akan ditimpa kefakiran.” (Riwayat daripada Ibn Mas’ud: al-Azkar, al-Jami al-Soghir).

 

3.“Ajarkanlah surah Al-Waqi’ah kepada isteri-isterimu. Kerana sesungguhnya ia adalah surah Kekayaan.”(Hadis riwayat Ibnu Ady)

 

4.Imam Ja’far Ash-Shadiq (sa) berkata: “Barangsiapa yang membaca surat Al-Waqi’ah pada malam Jum’at, ia akan dicintai oleh Allah, dicintai oleh manusia, tidak melihat kesengsaraan, kefakiran, kebutuhan, dan penyakit dunia; surat ini adalah bagian dari sahabat Amirul Mukimin (sa) yang bagi beliau memiliki keistimewaan yang tidak tertandingi oleh yang lain.” (Tafsir Nur Ats-Tsaqalayn 5/203).

 

5.Imam Ja’far Ash-Shadiq (sa) berkata: “Barangsiapa yang merindukan surga dan sifatnya, maka bacalah surat Al-Waqi’ah; dan barangsiapa yang ingin melihat sifat neraka, maka bacalah surat As-Sajadah.”(Tsawabul A’mal, hlm 117).

 

6.Imam Muhammad Al-Baqir (sa) berkata: “Barangsiapa yang membaca surat Al-Waqi’ah sebelum tidur, ia akan berjumpa dengan Allah dalam keadaan wajahnya seperti bulan purnama.” (Tsawabul A’mal, halaman 117).

 

7.Ubay bin Ka’b berkata bahwa Rasulullah saw bersabda: “Barangsiapa yang membaca surat Al-Waqi’ah, ia akan dicatat tidak tergolong pada orang-orang yang lalai.” (Tafsir Nur Ats-Tsaqalayn 5/203).

 

8.Abdullah bin Mas’ud berkata bahwa Rasulullah saw bersabda: “Barangsiapa yang membaca surat Al-Waqi’ah, ia tidak akan tertimpa oleh kefakiran selamanya.” (Tafsir Nur Ats-Tsaqalayn 5/203).

 

9.Imam Baihaqi meriwayatkan dari Ibnu Mas’ud berkata,”Aku mendengar Rasulullah saw bersabda,”Barangsiapa yang membaca surat al Waqi’ah setiap malam maka dirinya tidak akan ditimpa kemiskinan.”

 

10.Ibnu Katsir didalam mengawali penafsirannya tentang surat al Waqi’ah mengatakan bahwa Abu Ishaq mengatakan dari Ikrimah dari Ibnu Abbas berkata : Abu Bakar berkata,”Wahai Rasulullah saw tampak dirimu telah beruban.” Beliau bersabda,”Yang (membuatku) beruban adalah surat Huud, al Waqi’ah, al Mursalat, عما يتساءلون (An Naba’, pen) dan إذا الشمس كورت.” Diriwayatkan oleh Tirmidzi dan dia berkata : ia adalah hasan ghorib.



Baca juga
  » 26 April 2018
4 Janji Allah dalam Al-Qur’an
Sungguh, jika kita selalu berhusnudzon kepada Sang Pencipta , kita tak akan pernah lelah untuk melaksanakan perintah dan menjauhi larangan-Nya, berusahalah untuk Lillah .

  » 24 April 2018
Tips Agar Istiqomah Membaca Al-Qurán
"Sebaik-baik kalian adalah yang mempelajari Al-Qur'an dan mengajarkannya. (HR. Muslim). Maka mari memperbanyak amalan dengan membaca Al-Qur'an

  » 20 April 2018
Hati Bagai Rumah Sepi Sunyi Tak Berpenghuni
Dari Ibnu Abbas Radhiallahu 'anha, Rasulullah Shallallahu 'alaihi Wasallam bersabda, "Sesungguhnya orang yang di dalam hatinya tidak ada sedikitpun Al-Qur'an adalah seperti rumah yang sepi sunyi tak berpenghuni." (HR Tirmidzi, Darami dan Hakim)

  » 18 April 2018
PROMO Menjelang Bulan Ramadhan
FIQIH SUNNAH Sayyid Sabiq HANYA 300.000 saja sudah termasuk ongkir keseluruh indonesia berlaku sampai dengan 27 april 2018.

  » 18 April 2018
Islamic Book Fair Jakarta 18-22 April 2018
Diskon hingga 50%