Penerbit Alquran Jabal, Penerbit Buku Islam, Penerbit Quran, Penerbit Alquran Bandung, Percetakan Alquran Indonesia Distributor Alquran Bandung, Supplier Alquran, Cetak Alquran Bandung, Penerbit Quran
Login
News
3 Desember 2019
Janji Allah dalam Al-Qur’an
Sungguh, apabila kita berbaik sangka kepada Allah, maka kita akan berikhtiar untuk melaksanakan perintah dan menjauhi larangan-Nya. detail

25 November 2019
Tafsir Surat Fatir Ayat 32: Tiga Macam Orang Mengamalkan Al-Qur’an
Fatir Ayat 32: Tiga Orang yang Mengamalkan Al-Qur’an detail

14 November 2019
Cinta Al-Qur'an Selamatkan Hidup
Pasti ada Orang yang sinis dan bahkan tidak percaya terhadap judul di atas. Namun, bagi orang yang paham Alquran apalagi yang menghayati dan mendalaminya secara substantif, pasti akan berkata, ungkapan itu benar dan amat logis. Mari kita buktikan kebenaran ungkapan itu dengan mengamati fungsi Alquran dalam kehidupan; baik secara individual, berkeluarga, bermasyarakat, maupun berbangsa dan bernegara. detail

4 November 2019
Surat Al-Nisa’ ayat 58 - Tafsir Tentang Amanah
Tafsir Surat Al-Nisa’ ayat 58 Tentang Perintah Menunaikan Amanat detail

» index berita
Others
Others

Tafsir Surat Fatir Ayat 32: Tiga Macam Orang Mengamalkan Al-Qur’an


25 November 2019

Al-Qur’an merupakan petunjuk umat Islam dalam menjalani kehidupan. Alquran hadir supaya hidup menjadi terarah dan tak salah tujuan. Meski begitu, banyak yang keliru memahami isinya dikarenakan tak punya ilmu pendukung seperti ilmu Bahasa Arab, Kaidah Tafsir, Ushul Fikih, dan disiplin ilmu yang lainnya.

Umat Islam sebagain penerus Nabi Muhammad SAW seyogyanya bersikap bijak dengan menghilangkan kefanatikan kelompok, utamanya ketika memahami dan mengamalkan isinya Al-Qur’an.

Allah berfirman dalam Surat Fatir ayat 32:

ثُمَّ أَوْرَثْنَا الْكِتَابَ الَّذِينَ اصْطَفَيْنَا مِنْ عِبَادِنَا ۖ فَمِنْهُمْ ظَالِمٌ لِّنَفْسِهِ وَمِنْهُم مُّقْتَصِدٌ وَمِنْهُمْ سَابِقٌ بِالْخَيْرَاتِ بِإِذْنِ اللَّهِ ۚ ذَٰلِكَ هُوَ الْفَضْلُ الْكَبِيرُ

Artinya:

”Kemudian Kitab (alquran) Kami wariskan pada yang terpilih di antara hamba-hamba Kami, lalu di antara mereka ada yang menzalimi diri mereka sendiri dan di antara mereka ada yang pertengahan dan diantara mereka ada (pula) yang lebih dahulu berbuat kebaikan dengan izin Allah. Yang demikian itu adalah karunia yang amat besar." (QS. Fatir: 32)

Imam Ibnu Katsir menuliskan dalam tafsirnya ketika mengamalkan isi Alquran, Umat Nabi Muhammad SAW terbagi menjadi tiga golongan:

Pertama, orang yang aniaya pada dirinya sendiri yaitu orang yang berlebih-lebihan dalam mengamalkan sebagian dari kewajibannya, serta sering melakukan hal-hal yang terlarang. Menurut Ibnu Abbas golongan ini nanti akan mendapat Syafaat dari Nabi Muhammad SAW.

Kedua, orang yang tak berlebih-lebihan ketika melaksanakan kewajiban ataupun menjauhi larangan. Namun sayangnya sering meninggalkan sunnah lalu melakukan yang makruh. Mereka tetap akan masuk surga karena anugerah yang diberi Allah.

Ketiga, orang yang senantiasa berlomba-lomba dalam kebaikan. Senantiasa menjalankan kewajiban juga medawamkan yang sunnah. Meninggalkan yang haram, menjauhi yang makruh, membiarkan yang mubah. Golongan ini kelak diberi tempat istimewa oleh Allah. Dia akan masuk surga tanpa dihisab.

Sebagai umat Nabi mudah-mudahan kita senantiasa konsisten mengamalkan isi Al-Qur’an dengan maksimal. Aaamiin ya Robbal Alamin.

Penerbit Alquran, Percetakan Alquran, Grosir Alquran, Alquran Cantik, Alquran Murah.



Baca juga
  » 3 Desember 2019
Janji Allah dalam Al-Qur’an
Sungguh, apabila kita berbaik sangka kepada Allah, maka kita akan berikhtiar untuk melaksanakan perintah dan menjauhi larangan-Nya.

  » 14 November 2019
Cinta Al-Qur'an Selamatkan Hidup
Pasti ada Orang yang sinis dan bahkan tidak percaya terhadap judul di atas. Namun, bagi orang yang paham Alquran apalagi yang menghayati dan mendalaminya secara substantif, pasti akan berkata, ungkapan itu benar dan amat logis. Mari kita buktikan kebenaran ungkapan itu dengan mengamati fungsi Alquran dalam kehidupan; baik secara individual, berkeluarga, bermasyarakat, maupun berbangsa dan bernegara.

  » 4 November 2019
Surat Al-Nisa’ ayat 58 - Tafsir Tentang Amanah
Tafsir Surat Al-Nisa’ ayat 58 Tentang Perintah Menunaikan Amanat

  » 1 November 2019
Paket Aqiqah Bandung 2020
Menerima Pemesanan Aqiqah dengan Harga Bersahabat..

  » 30 Oktober 2019
Doa Setelah Membaca Al-Quran
Berikut ini salah satu doa yang bisa kita baca setelah membaca Alquran

Others
Search
Search:
Information
Shopping Cart
shopping cart
USD Calc
US$ x Rp. 9,500 =
Rp.